Mengatasi Rasa Gelisah di Keramaian - Kompas.com

Mengatasi Rasa Gelisah di Keramaian

Kompas.com - 04/09/2012, 11:39 WIB

TANYA :

Dokter, saya selalu merasa canggung dengan orang-orang di sekitar saya. Jika saya berada di kondisi sosial (ramai), saya selalu merasa gelisah dan merasa orang-orang memperhatikan saya. Begitu pula kalau berbicara dengan teman (apalagi lawan jenis), saya selalu canggung dan gugup. Saya tidak ingin berada di keramaian, tapi juga tidak ingin kesepian . Terus terang saya agak terganggu dengan sikap ini.  Saya sudah membaca berbagai motivasi, ikut organisasi, dll. Tapi tetap nihil. Menurut dokter apa yang harus saya lakukan?

(Ahmad, 22, Bandung)

JAWAB :

Ahmad yang baik,

Kondisi yang anda ceritakan mengarah kepada suatu kondisi yang disebut Fobia Sosial. Orang yang mengalami hal ini biasanya sering merasa cemas menjadi pusat perhatian atau dinilai oleh orang lain. Biasanya mereka takut untuk berada di depan umum di mana mereka menjadi pusat perhatian (saat presentasi, penampilan di panggung).

Begitu juga saat berhubungan dengan orang yang lebih tinggi jabatan atau status sosialnya, mereka biasanya juga akan mengalami kecemasan.
Kepribadian yang tertutup dan sulit beradaptasi sering kali menjadi latar belakang dari kondisi ini.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba untuk tetap tampil di depan umum, tampil di keramaian atau menjalin pertemanan dengan berbagai macam orang. Kebiasaan ini bisa sedikit-sedikit mengurangi gejala yang ditimbulkan jika berada pada kondisi demikian. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Jiwa

 

EditorAsep Candra
Close Ads X