Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Sandeq Jadi Tontonan Wisatawan

Kompas.com - 05/09/2012, 23:54 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Festival segitiga sandeq yang menjadi obyek wista tahunan berlangsung meriah di pantai Bahari, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (5/9/2012). Ribuan warga di sepanjang pantai bahari Polewali Mandar menyaksikan lomba yang diikuti puluhan peserta dari berbagai kabupaten di Sulawesi Barat. Festival ini diharapkan tak hanya melestarikan wisata budaya di Polewali Mandar, tapi juga menjadi hiburan tahunan yang mendatangkan berkah bagi ratusan pedagang kaki lima yang berjualan minuman dan makanan di sepanjang pantai bahari.

Meski festival segitiga sandeq di pantai bahari, Polewali Mandar hari ini hanya disaksikan sejumlah turis mancanegara, namun kemeriahan festival tahunan yang selalu ditunggu-tunggu warga ini tetap saja berlangung meriah. Cuaca panas tak menghalangi warga datang menyaksikan lomba segitiga sandeq yang sudah menjadi salah satu ikon wisata tahunan yang selalu ditungu-tunggu warga sebagai hiburan.

Puluhan peserta yang disponsori sejumlah lembaga dan pejabat di Sulawesi Barat ambil bagian dalam festival ini. Seluruh kapal sandeq yang berlomba tampak bersemangat menjadi juara. Cuaca yang tidak bersahabat membuat para peserta lomba harus bekerja keras mendayung perahu hingga ke garis finis.

Perahu sandeq yang biasannya mengandalkan angin untuk menggerakkan perahu, namun kali ini para peserta harus bekerja keras mendayung perahu untuk mengitari arena lomba hingga ke garis finis. Juara lomba festival segitiga sandeq akan mendapat hadiah berupa bantuan dana pembianaan serta pemberian bantuan 3,1 ton beras kepada para peserta.

Sebelum mengikuti lomba segitiga sandeq di pantai bahari Polewali Mandar, para peserta telah berlomba menyelesaika etape perjalan mereka dari Kabupaten Majene hingga ke Kabupaten Polewali Mandar, sebelum melanjutkan lomba ke Kabupaten Barru dan finis di Makassar.

Setiap kabupaten yang disinggahi akan digelar kegiatan serupa seperti lomba segitiga sandeg, lomba perahu katinting, lomba perahu sandeq mini dan sejumlah kegitatan kebudayaan lainnya. Festival Sandeq telah menjadi ikon wisata tahunan yang selalu diminati para wisatawan. Setiap tahun festival ini selalu dihadiri wisatawan asing dan selalu jadi fokus perhatian media nasional dan lokal sebagai salah satu kegiatan budaya yang selalu menyedot penonton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com