Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2012, 16:11 WIB

Kompas.com - Rutin mempraktekkan yoga wajah diklaim lebih efektif menunda datangnya kerutan di wajah dibandingkan dengan suntikan botox atau krim pengencang kulit.

Yoga wajah saat ini sedang populer. Para penggemarnya mempelajarinya melalui YouTube, buku-buku atau aplikasi di komputer tablet.

Josie Goldberg, ahli nutrisi dari Gold Coast, mengaku sering melakukan yoga wajah bersama teman-temannya. "Kami duduk melingkar dan mempraktekkan berbagai wajah yang lucu-lucu,"katanya seperti dikutip Daily Telegraph.

Ia menambahkan, untuk menunda datangnya penuaan, motonya adalah menghindari zat-zat kimia dan suntikan seperti Botox.

"Kita terbiasa mencari solusi yang cepat namun dalam jangka panjang bisa berbahaya. Teknik seperti yoga wajah ini bisa bermanfaat dalam jangka panjang," katanya.

Seperti yoga reguler, yoga wajah juga memiliki berbagai nama untuk setiap gerakan. The Marilyn, Bumblebee atau singa adalah contoh gerakan yang didesain untuk memperlambat penuaan dan mengurangi keriput.

Annilese Hagen, termasuk dalam orang pertama yang mengembangkan yoga wajah ini. Selain membuat buku ia juga mengembangkan aplikasi ifaceyoga di Ipad.

"Banyak orang yang tertarik dengan yoga ini, termasuk selebriti Hollywood dan semua orang yang ingin tampil cantik dan sehat secara natural," katanya.

Ia menjelaskan, teknik yoga untuk wajah akan membantu pengencangan kulit secara alami, mencerahkan dan menguatkan otot-otot wajah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com