Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2012, 09:48 WIB

T:
Salam hormat bu Ainy. Ibu saya mempunyai masalah yang belum terselesaikan. Saat ini saya sulit fokus pada bidang tertentu. Misalnya bidang komputer yang memiliki 3 bidang yaitu software, databased dan jaringan. Dari 3 bidang tersebut saya memilih jaringan komputer, Ibu. Hanya saja saya kok merasa kurang istiqomah atau kurang menekuni, ya Bu. Mohon pencerahannya.  Terima kasih. (Buma, via e-mail)

J:
Mas Buma yang baik hati,
Fokus pada bidang pilihan adalah dambaan setiap orang, termasuk diri kita. Kita semua menyadari bahwa fokus memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menghantarkan kita meraih kesuksesan. Hanya saja, tidak semua orang bisa fokus pada hal yang seharusnya kita lakukan. Seperti yang Anda alami saat ini.

Ada 3 langkah utama dan sederhana yang perlu Anda lakukan. Pertama, mengenal goal atau tujuan yang sebenarnya ingin Anda capai. Artinya, ketika Mas Buma memutuskan untuk memilih jaringan komputer, apa yang Anda bayangkan saat itu? Jenis pekerjaan apakah yang ingin lakukan setelah lulus dari jurusan Anda saat ini?

Jika hingga saat ini Anda belum tahu jawabannya, maka sebaiknya Anda segera mencari tahu baik melalui internet, alumni, kakak kelas Anda yang sudah lulus. Jika Anda sudah tahu jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari jurusan yang Anda ambil saat ini, maka akan memudahkan Anda untuk fokus pada pilihan Anda.

Kedua, sukai pilihan Anda saat ini. Caranya? Dengan mempelajari dan mengerti mata pelajarannya. Jika Anda berkata bahwa,” Bu Ainy, bagaimana saya bisa mempelajari, apalagi mengerti mata pelajaran saya? Untuk fokus saja sulit?” Nah jika hal itu yang terjadi pada diri Anda, maka saya sarankan Anda untuk belajar dengan cara yang menyenangkan.

Yaitu berusaha mengerti kata-kata yang selama ini menurut Anda sulit dimengerti. Mencari tahu kisah orang-orang yang sukses di bidang Anda sekaligus membayangkan Anda sebagai mereka. Lalu katakan kepada diri Anda,”Bismillah. Saya bisa fokus. Karena saya mau sukses dan bahagia.”

Pelajari dan mengerti mata pelajaran Anda dengan belajar secara konsisten dan perasaan yang senang. Anda juga bisa belajar kepada teman Anda dan bila perlu belajar kelompok.

Ketiga, bertemanlah dengan anak-anak yang berpikir dan berperilaku positif. Bertemanlah dengan anak-anak yang rajin belajar dan pintar. Mengapa ini penting? Karena ketika Anda memiliki kesulitan di mata pelajaran tertentu, Anda bisa berdiskusi dengannya. Dan yang jelas, ini juga akan membentuk sikap dan perilaku Anda menjadi lebih baik. Selamat berfokus ria!

Ainy Fauziyah, CPC
Motivator & Leadership Coach

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com