Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2012, 17:55 WIB

KOMPAS.com - Munculnya tanda pada test pack yang menunjukkan Anda positif hamil, menjadi awal dari berbagai tantangan baru bagi perempuan. Ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan fisik dan psikis selama kehamilan.

Dari minggu ke minggu, selalu ada perubahan, yang boleh jadi tak selalu bumil sadari. Namun, bumil perlu mengetahui, karena nyatanya ada tindakan yang sebaiknya bumil lakukan di setiap tahapan perubahan fisik yang dipengaruhi hormon selama kehamilan.

Pada kehamilan minggu 11 misalnya, Anda perlu memerhatikan perubahan fisik dan mengantisipasinya. Hormon kehamilan berdampak baik juga buruk pada ibu hamil. Pada minggu ke-11 ini, rambut, kuku jari tangan dan kaki, akan lebih cepat panjang. Kulit bumil juga cenderung lebih berminyak dan mulai muncul jerawat.

Namun ada hal lain yang juga kerap tak disadari. Memasuki kehamilan tiga bulan ini, waktunya bumil membuat janji dengan dokter gigi. Periksa gigi sebaiknya dilakukan setidaknya sekali selama sembilan bulan kehamilan.

Jagalah kebersihan mulut dan gigi, sikatlah gigi secara rutin, dua kali sehari. Minum juga vitamin untuk bumil yang bisa memberikan asupan kalsium agar gigi selalu kuat. Gusi bumil bisa jadi lebih sering berdarah sebagai pengaruh hormon kehamilan, dan peningkatan jumlah darah. Disarankan, gunakan sikat gigi yang lembut untuk melindungi gusi yang sensitif.

Selain perubahan pada bumil, perkembangan pun tentunya terjadi pada janin. Pada kehamilan minggu 11, detak jantung janin semakin terdengar. Alat kelamin bayi mulai terbentuk, namun jenis kelaminnya belum dapat ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com