Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2012, 17:41 WIB

KOMPAS.com - Menu daging baik ayam, sapi, kambing atau domba memang banyak disukai orang. Daging sebenarnya mudah diolah dalam bentuk apapun, misalnya direndang, semur, tumis, goreng, ataupun di pan seared (tumis dengan sedikit minyak). Nah, jika ingin menikmati olahan daging yang masih memiliki citarasa asli dan saat disantap terasa juicy, sebaiknya daging dimasak dengan cara pan seared.

"Pan seared merupakan teknik mengolah makanan dengan sedikit minyak dan tidak terlalu lama dimasaknya sehingga citarasa aslinya masih terasa," tukas finalis Masterchef US Season 1, Sharone Hackman, dalam acara konferensi pers Masterchef US di Social House, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (11/9/2012) lalu.

Bumbu yang digunakan dalam teknik memasak pan seared adalah bumbu dasar memasak, yakni garam dan merica. Awalnya, daging dibalur dengan garam dan merica sampai merata. Kemudian daging dimasukkan ke dalam pan yang sudah diberi minyak dan sudah dipanaskan. "Namun, masalah yang biasanya ditemui saat memasak dengan teknik ini adalah daging ini jadi kurang harum dan saat diberi saus rasanya jadi kurang cocok," jelasnya.

Untuk mengatasi hal ini, Sharone menyarankan untuk menambahkan beberapa bumbu utuh seperti bawang putih, dan juga daun rosemary (rempah daun wangi yang banyak digunakan untuk masakan Eropa) ke dalam pan yang sama untuk menggoreng daging.

Bawang putih dan rosemary utuh yang ikut terkena minyak panas ini akan mengeluarkan aroma harum ke dalam minyak dan meresap dalam daging.Sharone menambahkan, teknik ini juga memberikan citarasa unik ketika daging disantap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com