Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2012, 11:37 WIB

Kompas.com- Wanita penderita diabetes tipe 2 yang sudah memasuki masa pasca-menopuase beresiko cukup tinggi menderita kanker payudara. Berat badan sangat berlebih atau obesitas diduga berkaitan erat dengan terjadinya kanker.

Tim peneliti internasional dalam laporannya di British Journal of Cancer, meneliti 40 penelitian mengenai kaitan antara kanker payudara dengan diabetes. Penelitian itu melibatkan lebih dari 56.000 wanita penderita kanker payudara.

Wanita yang menderita diabetes tipe 2 dan sudah memasuki masa pasca-menopause memiliki risiko kanker 27 persen. Namun peningkatan risiko itu tidak terlihat pada wanita yang menderita diabetes tipe 1.

Menurut Prof.Peter Boyle, presiden International Prevention Research Institute, para ilmuwan memang belum mengetahui secara jelas mekanisme dibalik peningkatan risiko kanker tersebut.

"Kegemukan memiliki kaitan kuat dengan diabetes tipe 2, dan efeknya lebih kepada aktivitas hormon yang mungkin berpengaruh pada proses pertumbuhan kanker," kata Boyle, yang memimpin penelitian ini.

Walaupun kaitan antara kanker payudara dengan diabetes tipe 2 belum jelas tetapi kaitannya dengan berat badan berlebih sudah jelas, karena itu para wanita disarankan untuk menjaga berat badannya tetap sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com