Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2012, 08:47 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda sudah mencoba beragam cara untuk menurunkan berat badan namun tak juga berhasil maka cobalah saran berikut ini. Para ilmuwan menyarankan Anda untuk mengevaluasi kualitas tidur. Tidur malam yang berkualitas sama pentingnya dengan diet dan olahraga.

Peneliti dari  Eastern Ontario Research Institute dan Laval University di Kanada mengatakan, orang dewasa minimal harus tidur tujuh jam jika ingin meningkatkan peluang berat badannya turun. Menurut para peneliti, kurang tidur akan mendorong hormon dalam otak sehingga merangsang nafsu makan dan membuat porsi makan lebih banyak.

Dr.Jean Phillippe Chaput dan Dr.Angelo Tremblay, para peneliti yang  menulis dalam Medical Association Journal Kanada mengatakan, memang solusi untuk menurunkan berat badan tidak sesederhana dengan makan lebih sedikit, banyak gerak, dan tidur cukup. Namun, kebiasaan tidur tetap tidak boleh diabaikan. Tidur harus menjadi bagian gaya hidup sehat yang sebelumnya hanya berfokus pada diet dan aktivitas fisik.

Penelitian lainnya menemukan, orang yang berhasil mengubah kebiasaan tidur mereka dari 6 jam menjadi 7 - 8 jam berhasil menurunkan beratnya sebanyak 2,4 kilogram setelah enam tahun. Sementara, studi lain mengindikasikan orang yang tidur lima jam, dan yang lainnya tidur 8 jam selama dua minggu akan mengurangi kadar lemak.

Para peneliti menemukan, mereka yang kurang tidur akan mengalami efek pada otot-ototnya serta menyimpan lemak lebih banyak. Sementara, mereka yang tidur 8 jam sehari akan kehilangan lemak dari dalam tubuh sebesar 55 persen.

"Orang yang tidur pendek cenderung memilih makanan ringan yang manis. Lalu, akan mengudap makanan tersebut lebih sering daripada mereka yang tidur lebih banyak," ujar Georgina Heath, mahasiswa PhD di Universitas South Australia Centre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com