Bertanya Soal Ukuran Rata-rata Mr.P - Kompas.com

Bertanya Soal Ukuran Rata-rata Mr.P

Kompas.com - 23/09/2012, 14:36 WIB

TANYA : 

Prof....saya ingin menanyakan berapakah ukuran rata-rata normal/standar alat vital pria untuk orang Indonesia, dan apakah ukuran testis juga mempengaruhi ukuran penis? Terus terang, testis yang saya miliki sangatlah kecil, jadi penis saya pun sangat kecil. Panjangnya kira-kira 10 sentimeter pada saat ereksi. Adakah cara menambah ukuran yang aman untuk alat vital pria? Atas jawabannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

(Tepleng, 34, Cilacap)    


JAWAB :

Ukuran penis dalam keadaan fleksid (tidak ereksi) rata-rata sekitar 6-7 cm. Dalam keadaan ereksi, tentu akan bertambah menjadi rata-rata sekitar 11-12 cm. Perkembangan penis terjadi bersamaan dengan perkembangan testis, dipengaruhi hormon testosteron.

Kalau terjadi hambatan perkembangan penis, pada umumnya juga terjadi hambatan perkembangan testis. Perkembangan organ kelamin ini terjadi dalam 5 stadium, sejak masa anak-anak sampai mencapai stadium 5 pada usia sekitar 16 tahun.

Kalau perkembangan kelamin sudah mencapai stadium 5, berarti perkembangannya normal. Artinya ukuran penis dan testis sudah normal dan tidak dapat ditambah lagi. Tetapi kalau perkembangannya belum mencapai stadium 5 karena kekurangan hormon testosteron, maka keadaan ini dapat dikoreksi dengan pengobatan hormon sehingga menjadi normal.

 

EditorAsep Candra
Terkini Lainnya
Close Ads X