Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Pembunuh Yadut Jadi Tiga Pelajar

Kompas.com - 27/09/2012, 15:34 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan akhirnya menetapkan dua tersangka baru dalam kasus tawuran yang menewaskan Deny Yanuar alias Yadud (17), siswa SMA Yayasan Karya 66 (Yake). Total tersangka yang sudah ditahan dalam kasus ini yakni tiga orang pelajar.

Kepala Satreskrim Polrestro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Hermawan mengatakan, penyidik awalnya mengamankan 11 orang siswa SMK Kartika Zeni yang menjadi rival SMA Yake pada Rabu (26/9/2012) malam. Dari siswa-siswa itu, ternyata hanya dua orang yang terbukti terlibat aksi tawuran.

"Dari 11 orang yang diamankan, ada 2 orang yang kami yakini sebagai pelaku dalam tawuran itu. Mereka langsung ditahan," ujar Hermawan, Kamis (27/9/2012) siang, di Mapolrestro Jakarta Selatan.

Dua tersangka baru itu berinisial GL dan EK, keduanya siswa kelas XI SMK Kartika Zeni. Mereka berdua, sebut Hermawan, memiliki peran menendang dan memukul korban sebelum akhirnya korban dibacok pakai celurit oleh AD (17), tersangka utama yang sudah ditahan terlebih dulu.

"GL dan EK ditangkap di rumahnya di kawasan Manggarai," kata Hermawan lagi.

GL dan EK dijerat dengan Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, Pasal 170 KUHP tentang Pengeroyokan Bersama-sama dan Pasal 351 KUHP Ayat 3 tentang Penganiayaan yang Menyebabkan Orang Meninggal Dunia. Karena masih di bawah umur, polisi juga akan menerapkan Undang-undang Perlindungan Anak.

"Sehingga yang tadinya ancaman 15 tahun penjara, bisa saja jadi sepertiga dari ancaman itu hukumannya nanti," kata Hermawan.

Diberitakan sebelumnya, Deny Yanuar alias Yadut (17), siswa kelas XII SMA Yake, tewas karena luka bacok senjata tajam setelah terlibat aksi tawuran yang terjadi di Jalan Minangkabau, Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2012) siang pukul 13.00. Kejadian diawali dari aksi saling lempar batu saat kelompok korban baru saja turun dari Kopaja.

Menurut Hermawan, Yadut sempat melakukan perlawan saat dikeroyok kelompok pelaku. Namun, AD tiba-tiba menusuk Yadut dengan celurit yang digenggamnya. Yadut pun jatuh tersungkur dan tewas di tempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com