Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Klinis Produk Transgenik Belum Diuji

Kompas.com - 02/10/2012, 01:59 WIB

Jakarta, Kompas - Efek klinis produk rekayasa genetika impor, seperti jagung dan kedelai, hingga saat ini belum pernah diuji. Kalaupun ada, hal itu belum pernah dipaparkan secara terbuka sehingga terakses publik.

Menyusul temuan tumor pada mencit (tikus percobaan) yang diberi jagung transgenik di Perancis oleh Gilles-Eric Seralini dan tim, pengujian serupa mendesak dilakukan di Indonesia. Sejumlah produk impor hasil rekayasa genetika sudah masuk ke Indonesia, yang terakhir adalah benih jagung Bt dan RR produksi Monsanto yang mengantongi sertifikat keamanan pakan.

”Pengujian (efek) klinis produk transgenik impor diperlukan untuk pencarian opini kedua. LIPI sanggup melakukannya,” kata anggota Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetika (KKH PRG), yang juga Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bambang Prasetya, di Jakarta, Senin (1/10).

Menurut Bambang, dasar penerimaan produk pangan selama ini yang diindikasikan sebagai transgenik masih berupa data laboratorium dari pihak produsen. Pengujian berikutnya tidak dilakukan. ”Pengujian efek klinis dibutuhkan lagi setelah tahu ada penelitian jagung transgenik bisa mengakibatkan tumor atau kanker,” ujarnya.

Seperti diberitakan, sejumlah kalangan di negara-negara Eropa menentang produk transgenik. Apalagi setelah penelitian menunjukkan dampak buruk jagung transgenik pada mencit meskipun sejumlah kalangan meragukan hasil penelitian tersebut.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Siti Nuramaliati Prijono menegaskan, Indonesia menandatangani Deklarasi Rio tahun 1992, di antaranya mengakui prinsip dasar penanganan produk rekayasa genetika yang menekankan kehati-hatian.

”Prinsip ini mengakui ada potensi dampak lingkungan, ekonomi-sosial, dan kesehatan,” kata Siti. Oleh karena itu, keberadaan penelitian lebih lanjut terhadap produk transgenik diperlukan (Kompas, 25/9).

Tak terburu-buru

Menanggapi hasil penelitian dampak jagung transgenik terhadap mencit di Perancis, pihak Kementerian Pertanian tak akan terburu-buru bersikap.

”Kami akan teliti dulu siapa penelitinya, latar belakangnya, metode yang dipakai, serta pengambilan sampel,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Haryono.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com