Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2012, 08:28 WIB

KOMPAS.com — Kalsium berperan sangat besar dalam kesehatan. Wanita yang mengalami kekurangan kalsium berisiko mengalami gangguan hormon tiroid yang bisa memicu kerapuhan tulang dan batu ginjal.

Penyakit hipertiroid atau primary hyperparathyroidism (PHPT) diperkirakan diderita oleh 1 dari 800 wanita dalam hidupnya. Penyakit tersebut paling sering diderita wanita usia post-menopause.

PHPT disebabkan oleh kelenjar paratiroid terlalu aktif mengeluarkan hormon paratiroid. Selain berkaitan dengan gangguan ginjal dan kerapuhan tulang, penyakit ini juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

Dalam laporannya di British Medical Journal, para peneliti menyebutkan bahwa asupan kalsium yang cukup bisa mencegah gangguan tiroid.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 700 mg kalsium setiap hari. Kebutuhan kalsium bisa didapatkan dari ikan, susu, dan produk turunannya, sayuran berdaun hijau, serta kacang-kacangan.

Penelitian mengenai manfaat kalsium itu dilakukan dengan melibatkan 58.300 wanita yang berpartisipasi dalam penelitian Nurse's Health Study. Para partisipan berusia antara 39 dan 66 tahun di tahun 1986 ketika penelitian dimulai. Mereka juga tidak punya riwayat PHPT.

Setelah 22 tahun, diketahui bahwa mereka yang cukup mengonsumsi kalsium memiliki risiko PHPT 44 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang kekurangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com