Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman Pemenang Tender Kontraktor MRT Diundur

Kompas.com - 20/10/2012, 19:02 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, pemenang tender kontraktor sipil pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) masih belum dapat diumumkan. Sebelumnya, pengumuman itu sedianya diumumkan pada Kamis (11/10/2012), akan tetapi terpaksa diundur sampai waktu yang belum ditentukan.

PT MRT Jakarta belum menerima persetujuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA), sehingga usulan calon pemenang tender kontraktor sipil belum dapat diberikan.

"Kami belum menerima persetujuan dari JICA, sampai kemarin," kata Kepala Biro Humas PT MRT Jakarta, Manpalagupta Sitorus, Jumat (19/10/2012) kemarin.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Gupta itu mengatakan, saat ini, Pihak MRT Jakarta masih menunggu arahan dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk memberikan presentasi terkait proyek dan progress MRT Jakarta.

Terutama presentasi kepada Gubernur DKI Jakarta terpilih, Joko Widodo. Pasalnya, Jokowi meminta pihak MRT untuk memberikan presentasinya kepada Jokowi sebelum ia menyetujui untuk melanjutkan megaproyek itu atau tidak.

Selanjutnya, PT MRT Jakarta yakin Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, akan mengambil kebijakan yang benar terkait pembangunan MRT ini. Pasalnya, pembangunan MRT Jakarta ini, dibutuhkan oleh masyarakat Jakarta untuk dapat mengurangi kemacetan.

"Dengan berpindahnya pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum massal ini, Saya percaya Pak Gubernur akan mengambil kebijakan yang bermanfaat bagi kota dan warga Jakarta," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan bahwa dirinya akan tetap melanjutkan megaproyek MRT itu. Namun, ia harus mendapatkan presentasi terlebih dahulu dari pihak PT MRT Jakarta.

Apabila proyek MRT ditunda, maka Pemerintah Provinsi DKI akan didenda sebesar Rp 800 juta setiap harinya. Pembangunan MRT terdiri dari enam paket, yakni tiga paket layang atau elevated dan tiga paket underground.

Dari keenam paket tersebut, yang sudah matang dan siap ke proses selanjutnya adalah pengerjaan paket underground. Sebelumnya juga sudah diumumkan bahwa ada tiga nominator yang diprediksi akan memenangkan tender ini, yakni nominator pertama mengerjakan dua paket, yaitu Shimitzu sebagai pimpinannya dengan anggota Obayashi, Wijaya Karya, dan Jaya Konstruksi.

Adapun untuk paket ketiga, nominatornya adalah konsorsium Sumitomo Mitsui Contrantion Company (SMCC) bersama Hutama Karya Joint Operation. Pengumuman pemenang tender akan dilakukan pada medio September-Oktober 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com