Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2012, 13:51 WIB

KOMPAS.com –  Memang sudah tidak jaman lagi, perempuan makan sedikit atau hanya mengunyah salad saat kencan agar terlihat anggun.

Lalu bagaimana jika Anda sedang dalam keadaan diet? Dalam kondisi  sebuah peralihan pada pola hidup sehat demi kesehatan tubuh serta kecantikan. Apakah harus mengorbankan kebiasaan diet yang sedang berlangsung demi sebuah kencan dengan calon pasangan potensial.

“Tentu saja tidak,” kata Sarah-Jane Bedwell, RD, pakar gizi majalah SELF.  Pendapat yang sama juga terlontar dari Angela Ginn, RD, Juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics. Dan kabar baiknya, Angela dan Sarah bersedia membagikan tip serta triknya kencan yang bersahabat dengan diet.

1. Buat rencana:
"Ini adalah kunci!" tegas Angela. "Terlibatlah dalam memilih restoran. Lakukan riset kecil tentang menu yang tersedia dengan mengunjungi situs restoran tersebut. Dengan begitu Anda tahu persis yang akan dipesan." Setelah itu selesai, Anda dapat fokus pada hal-hal penting lainnya, seperti busana yang akan dikenakan.

2. Asup camilan sebelum kencan:
"Makanlah camilan sehat sekitar 200 kalori yang mencakup protein dan karbohidrat - seperti apel dengan keju atau yogurt. Lakukan sebelum pergi kencan sehingga Anda tidak akan kelaparan ketika tiba di lokasi," saran Sarah. "Ini tidak akan merusak kencan atau makan malam Anda. Sebaliknya justru membantu Anda mengekang keinginan makan berlebihan,"urai Sarah lebih lanjut.

3. Pilihan bijak hidangan pembuka:
"Anda tak perlu mengikuti aturan makanan tiga hidangan seperti pembuka, utama lalu penutup. Kecuali jika kalian berencana untuk berbagi,”ujar Sarah. Tak lupa Sarah merekomendasikan makanan pembuka berupa protein yang dipanggang atau grilled. Dengan tegas menyarankan untuk menghindari makanan yang digoreng. 

4. Mintalah alternatif:

"Mintalah kentang panggang atau sayuran untuk pengganti kentang goreng," kata Ginn. Jangan ragu untuk selalu memilih alternatif makanan yang sehat, siapa tahu Anda justru menginspirasi dia.

5. Minum dengan lambat:
Tips ini khusus bagi Anda yang minum wine."Menyesaplah secara perlahan-lahan," kata Ginn. Alkohol itu bisa terdiri dari 80-150 kalori per porsi. Hanya meminum segelas adalah pilihan terbaik. Kemudian beralihlah dengan air putih serta seiris jeruk nipis setelah itu.

6. Jangan lupakan hidangan penutup:
Siapa bilang Anda harus menghindari makanan penutup. Angela dan Sarah sepakat, Anda dapat menikmati hidangan manis usai makan. Tentu saja dengan sebuah syarat mutlak: berbagi! Nikmatilah satu porsi hidangan penutup berdua dengannya. Romantis, bukan? 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com