Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas! Kambing Muda Beredar Jelang Idul Qurban

Kompas.com - 24/10/2012, 12:53 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Tujuh kambing belum cukup umur untuk kurban ditemukan petugas saat pemeriksaan hewan kurban di daerah Purwosari, Solo, Rabu (24/10/2012).

Menurut petugas dari Dinas Peternakan dan Pertanian Kota Solo, kambing yang belum cukup umur belum boleh untuk dijadikan hewan kurban pada perayaan Idul Adha. Selain belum cukup umur, kambing yang sakit dan cacat juga tidak layak untuk dikurbankan.

"Di sini kita temukan tujuh kambing masih belum cukup umur untuk dikurbankan, dan dua ekor sakit mulut dan satu ekor cacat. Untuk kesepuluh kambing tersebut kita beri tanda silang agar tidak di beli warga," kata Weni Ekayanti, Kepala Dinas Pertaninan dan Peternakan Solo.

Petugas juga memberikan peringatan tertulis kepada penjual hewan kurban, dan meminta mereka untuk tidak menjual kambing-kambing tersebut kepada warga.

Selain itu, petugas  pun meminta agar kambing yang sakit dipisahkan dengan kambing yang sehat agar penyakit tak menyebar. Penyakit yang sering ditemui dalam pemeriksaan kali ini adalah penyakit mata. Penyebabnya adalah perubahan cuaca di musim pancaroba yang sering membuat kambing sakit mata.

Usai memberikan obat sakit mata, petugas pun melanjutkan pemeriksaan di beberapa titik lokasi penjualan kambing di Kota Solo. Pemeriksaan ini akan dilakukan hingga Idul Adha pada Jumat ( 26/10/212) lusa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com