Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Jus Susu Jagung Khas Labuan Bajo

Kompas.com - 12/11/2012, 19:40 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Bukan Pulau Komodo saja yang bisa dikunjungi saat Anda berwisata ke Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain melihat Komodo yang sudah menjadi tujuh keajaiban dunia baru, wisatawan nusantara dan mancanegara dapat menikmati makanan lokal yang memiliki nilai gizi tinggi.

Salah satu dampak positif dari perkembangan pariwisata di Labuan Bajo, masyarakat -- khususnya ibu-ibu -- tergerak dan beramai-ramai mengolah hal-hal unik yang dihasilkan dari bumi Manggarai Barat. Salah satu wisata kuliner yang sungguh unik yakni jus susu jagung. Jus ini diolah oleh Kelompok Ibu-Ibu Ca Nai (Satu Hati) dari Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Jus susu jagung yang diolah dari jagung muda ini dapat menghindari Anda dari penyakit diabetes. Jika seseorang sudah mengalami gejala diabetes, maka minumlah jus susu jagung yang diolah tanpa gula.

Adalah Esti Tue, Yanti Lalong, Avi Negar, Oni Teleng, dan Garda Oba membentuk Kelompok Ca Nai dengan mengolah makanan lokal seperti jus susu jagung.

Esti Tue, di sela-sela Festival Pangan Lokal, di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat kepada Kompas.com menjelaskan, mereka mengolah jus susu jagung tanpa dilatih oleh siapa pun. Awalnya, mereka membeli buku menu serta membaca berbagai jenis menu minuman khas lokal Indonesia. Akhirnya ketemulah jus susu jagung.

Selama ini, lanjut Esti, mereka mengolah jus susu jagung untuk kebutuhan kelompok dan keluarga masing-masing. Lalu, ada informasi bahwa Lembaga Swadaya Masyarakat Sunspirit For Justice and Peace bersama dengan Rumah Baku Peduli Manggarai Barat bekerja sama dengan tujuh pemerintah desa di Kecamatan Komodo mengadakan festival pangan lokal yang pertama di Kota Labuan Bajo.

Mendengar informasi itu, mereka mendaftarkan diri untuk ikut serta. Mereka pun mengolah makanan lokal dari bahan jagung menjadi jus susu jagung. Pasalnya, Kota Labuan Bajo sangat dikenal sebagai daerah panas karena berada di pinggir pantai.

Yanti Lalong menjelaskan, cara membuat jus susu jagung, yakni bahan dasarnya dari jagung muda sebanyak 1 kilogram lalu dimasak dengan air 3,5 liter. Jagung direbus bersama air. Sesudah dimasak, jagung dipipil (kemuk, dalam bahasa Manggarai), selanjutnya diblender. Sesudah itu disaring. Selanjutnya dipanaskan lagi selama 15 menit dan ditambah gula serta garam. Sesudah itu jadilah jus susu jagung.

"Kami senang ikut festival pangan lokal yang pertama kali di laksanakan di Kota Labuan Bajo. Kami ingin terus mengembangkan jus susu jagung dalam berbagai kegiatan dan kami siap melayani siapa saja yang memesan jus susu jagung," ujar Oni Teleng.

Oni menambahkan, kalau ada pesta atau ada kegiatan-kegiatan, pihaknya siap menerima pesanan untuk membuat jus susu Jagung. "Silakan hubungi kami di Kelompok Ca Nai di Kelurahan Wae Kelambu, di sekitar Labuan Bajo," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com