Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2012, 09:59 WIB

TANYA :

Dear dokter,saya sudah mengalami sariwan dalam 5 hari ini. Saya sariawan setelah menjalani operasi gigi kecil. Yang saya ingin tanyakan, apakah ada kaitannya sariawan saya dengan operasi kecil pada gigi yang saya lakukan.  Sariawan saya letaknya di mulut bagian sebelah kanan bawah. Sedangkan gigi yang saya operasi kecil geraham sebelah kanan bawah. Terima kasih sebelumnya atas jawabannya. 

(Fandi Ahmad, 25, Banjarmasin)


JAWAB :


Fandi yang baik,

Jika lokasi sariawannya sama dengan lokasi operasi kecil gigi geraham anda, maka besar kemungkinan penyebabnya dari tindakan operasi gigi tersebut.

Tindakan pengambilan gigi yang memerlukan pembukaan jaringan lunak dan mengurangi sebagian tulang yang mengelilingi gigi tersebut, disebut juga dengan odontektomi. Jika odontektomi dilakukan dengan prosedur yang benar dan alat yang tepat, maka akan mengurangi komplikasi paska operasi.

Namun, jika dilakukan dengan alat yang tidak tepat dan proses pengerjaannya terlalu kasar, akan menyebabkan trauma pada jaringan lunak sekitarnya. Trauma yang terjadi bisa berupa perdarahan dan luka jaringan seperti sariawan.

Saat ini, anda dapat melakukan perawatan pada sariawan anda dengan menggunakan obat oles yang mengandung triamsinolon asetonida. Minta Dokter Gigi anda untuk membuatkan resepnya.

Jangan lupa tetap jaga kebersihan rongga mulut anda, banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin c, serta jangan menyentuh atau memainkan sariawan anda dengan lidah atau tangan anda.

Demikian Fandi, semoga membantu.

Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com