Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Ciliwung Meluas

Kompas.com - 22/11/2012, 12:43 WIB
Madina Nusrat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir luapan air Sungai Ciliwung di Jakarta yang terjadi sejak Kamis (22/11/2012) dini hari sampai siang, lebih besar dibandingkan dua peristiwa banjir sebelumnya pada Selasa kemarin dan bulan Oktober.

Pantauan di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, kini luapan sungai itu tak hanya merendam permukiman di pinggir kali tetapi juga sampai ke permukiman dekat mulut gang pinggir Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

Sementara pantauan di Kampung Melayu Kecil, Tebet, Jakarta Selatan, luapan air juga merendam permukiman di gang dekat jalan layang Kampung Melayu. Padahal sebelumnya, luapan sungai hanya merendam permukiman di pinggir kali, tepatnya di Kampung Poncol, yang jaraknya mencapai 200 meter lebih dari lokasi terluar yang terendam banjir saat ini.

Sementara itu, permukaan air di Pintu Air Manggarai mencapai 800 centimeter, yang mengindikasikan Siaga III banjir. Hujan sedang juga mengguyur kawasan yang terendam banjir.

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu menyebutkan, ada 7 RW dari 8 RW di Kampung Pulo yang terendam banjir. Padahal banjir yang terjadi pada Selasa (21/11) kemarin, hanya merendam 6 RW.

"Kondisinya memang banjirnya semakin luas karena airnya semakin tinggi," katanya.

Humas Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Putu Wirawan, juga memperingati saat ini sudah memasuki Siaga III banjir, dan dipastikan sejumlah kawasan di tepi Ciliwung akan terendam banjir. "Ini baru namanya banjir karena air di pintu air Manggarai sudah lumayan tinggi," katanya. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com