Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2012, 10:19 WIB

KOMPAS.com - Terlalu banyak duduk atau membawa beban yang terlalu berat di punggung bisa membuat tubuh Anda jadi bungkuk. Jika tak segera diperbaiki, lama-lama posisi tulang akan bungkuk permanen, atau berubah menjadi penyakit kelainan tulang seperti lordosis atau skoliosis. Bentuk tubuh seperti ini pasti akan merusak penampilan Anda. Sebelum terlambat, perbaiki saja postur tubuh Anda dengan yoga. Selain membantu memperbaiki postur tubuh, yoga juga bisa membantu mengembalikan kesegaran tubuh dan meningkatkan mood.

1. Standing forward bend
Berdirilah tegak dan buka kaki selebar pinggul. Letakkan tangan di belakang punggung, rapatkan, kemudian luruskan lengan menjauhi punggung. Tarik nafas dalam-dalam, arahkan pandangan ke depan, kemudian posisikan tubuh membungkuk perlahan-lahan mendekati paha dan buang nafas. Tahan selama 5-10 menit. Kemudian lepaskan pegangan tangan dan jatuhkan ke lantai, namun jaga tetap lurus.

forward-bend

 2. Bridge pose
Berbaringlah telentang, kemudian tempatkan kaki di lantai dan tekuk lutut. Letakkan lengan di samping tubuh Anda. Kemudian posisikan telapak kaki Anda mendekati bokong.

Tarik nafas kemudian angkat bokong dan pinggul ke atas. Tumpu beban tubuh Anda pada lengan dan kaki. Tarik nafas dalam-dalam, tahan pose ini selama 3-4 kali nafas panjang. Buat gerakan naik-turun dan ulangi 2-5 kali.

bridge

3. Upward-facing dog
Berbaringlah telungkup di atas matras, dan tempatkan telapak tangan di samping tubuh. Kemudian luruskan kaki dan letakkan punggung kaki di lantai. Tarik nafas dalam-dalam, dan angkat tubuh ke atas. Angkat  sampai badan hingga paha juga terangkat. Tumpukan berat badan ke telapak tangan dan ujung kaki. Tahan posisi ini selama 2-4 kali nafas dalam-dalam. Ulangi posisi ini sebanyak 2-3 kali.
upward-facing-dog-pose

4. Cow face pose
Duduklah di lantai, kemudian silangkan kaki kanan di atas kaki kiri. Tarik nafas dan lakukan peregangan tangan ke beberapa titik, atas, bawah, depan, dan belakang. Buang nafas sambil istirahatkan lengan. Ambil tangan kanan ke atas, kemudian tekuk, sedangkan tangan kiri di belakang punggung. Pertemukan jari di belakang punggung. Tahan selama satu menit. Ulangi untuk sisi tangan dan kaki yang berlawanan.

cow-pose

 

5. Table top
Duduklah di lantai, kemudian tekuk lutut dan posisikan kaki mendatar di lantai. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian angkat pinggul sampai tulang belakang tegak lurus dengan lantai. Posisikan tubuh hingga menyerupai gerakan kayang. Tahan selama 3-5 kali nafas. Ulangi 2-3 kali.

table-top-pose

 FOTO-FOTO: PREVENTION.COM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com