Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2012, 10:28 WIB

KOMPAS.com - Pesta Natal makin dekat, sudah siapkan aneka makanan untuk sajian keluarga dan tamu? Jika belum coba saja membuat cupcake yang cantik dan lucu. Proses pembuatannya tak terlalu sulit dan pasti bisa jadi favorit anak-anak dan orang dewasa. Agar sukses cukup perhatikan trik ini.

1. Pencampuran bahan
Teknik pencampuran yang tepat menjadi salah satu kunci sukses membuat cupcake. April Tunno, pemilik gerai Sparkles Desserts menyarankan untuk menyaring bahan-bahan kering sebelum mencampurkan semua bahannya. Selain itu, ukurlah bahan-bahan dengan tepat, karena ada satu kelebihan bahan bisa mengacaukan adonannya.

Selain itu, Reyne Haines pemilik toko Icing Cupcakes mengungkapkan bahwa mencampur bahan-bahan dalam suhu kamar akan membantu menghindari terbentuknya gelembung udara di dalam adonan. Terlalu lama mengocok adonan juga bisa membuat cupcake jadi lebih rapuh.

2. Tuang adonan

Usahakan untuk mendistribusikan adonan yang sama pada tiap cup agar tidak beda ukuran. Catherine Ruehle, pemilih toko kue Bakery Sublime menyarankan penggunaan sendok es krim untuk meratakan adonan kue. Cara ini membantu Anda dengan membuat cupcake yang sama tinggi dan punya waktu pemanggangan yang sama. Namun, pastikan untuk mengisi 3/4 bagian cup saja.

3. Memanggang kue

Memanggang cupcake sebenarnya tidak terlalu lama, tergantung pada oven dan temperatur.Namun pastikan untuk memanaskan oven terlebih dulu, dan periksa kematangannya saat memanggangnya. Tusuk dengan tusuk gigi di bagian tengah kue dan pastikan tidak ada adonan yang menempel. Jika sudah tak ada yang menempel, maka cupcake ini sudah matang. Jangan terlalu lama memanggang cupcake karena bisa membuat kue ini jadi gosong dan keras. Selain itu, jangan lupa memutar loyang untuk meratakan panas.

4.  Penyimpanan

Setelah cupcake matang, gunakan rak pendingin untuk menghilangkan uap panasnya. Letakkan di rak pendingin selama lima belas menit sampai satu jam. Hindari menyimpan kue dalam lemari es karena bisa membuatnya jadi kering. Sebaiknya simpan cake dalam wadah kedap udara di suhu kamar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com