Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2012, 07:35 WIB

TANYA :

Salam dok.  Saya ingin bertanya tentang seputar masalah operasi gigi bungsu yang tumbuhnya tidak normal atau dalam keadaan benar benar horizontal. Saya sekarang sedang mengenakan behel kurang lebih satu tahun, dan dokter menyarankan untuk melakukan operasi, tetapi orang tua saya melarang karena takut. Begitu pun dengan saya. Takutnya sih berbahaya. Padahal kalau tidak dilakukan pencabutan, dikhawatirkan gigi saya bakalan maju terus.  Mungkinkah bisa mencabut gigi di samping gigi taring saja dok? Dan apa saja dampak jika saya tidak operasi dok ? Mohon penjelasannya.  Terima kasih.  

(Nita, 18, Makassar)

JAWAB :

Hai Nita,

Dalam rencana perawatan ortodonti (kawat gigi), terkadang diperlukan tindakan untuk memperoleh ruang pada lengkung rahang. Salah satu cara untuk mendapatkan ruangnya adalah dengan tindakan pencabutan gigi. Biasanya gigi yang dicabut adalah gigi premolar 1 atau 2 (gigi yang terletak dibelakang gigi taring atau di depan geraham pertama).

Sedangkan pencabutan yang dilakukan pada geraham bungsu (molar ketiga), lebih ditujukan untuk mencegah komplikasi paska perawatan ortodonti. Sebenarnya belum ada kesepakatan dari seluruh penelitian yang dilakukan di seluruh dunia, mengenai hal pengaruh tidak dicabutnya geraham bungsu dalam masa perawatan ortodonti.

Beberapa penelitian menyebutkan, jika gigi geraham bungsu dibiarkan saja tidak akan mempengaruhi hasil akhir perawatan ortodonti. Namun, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa gigi geraham bungsu yang tidak dicabut akan mempengaruhi hasil akhir perawatan ortodonti.

Saran saya, untuk amannya dan supaya susunan gigi seri depan bawah anda lebih stabil paska perawatan ortodonti, sebaiknya gigi geraham bungsu anda dicabut jika posisinya miring dan sudah keluar gusi. Namun, jika posisinya horizontal dan masih di dalam gusi, serta tidak ada keluhan rasa sakit, saya rasa tidak perlu dilakukan pencabutan. Sebaiknya konsultasikan kembali kepada Dokter Gigi yang merawat anda.

Jika pada akhirnya anda harus melakukan operasi pengambilan gigi geraham bungsu, anda tidak perlu risau, sebab ini hanyalah operasi kecil dan cukup menggunakan bius lokal. Dokter Gigi sudah paham mengenai prosedur yang akan dilakukan, serta akan meminimalisasi segala efek samping yang mungkin akan terjadi. Anda dapat melakukan operasi pengambilan gigi geraham bungsu di Dokter Gigi yang kompeten yaitu Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut (Drg., SpBM).

Demikian Nita, semoga membantu. Salam gigi sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com