Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Penghasilan Jika Berhenti Kerja Setelah Bayi Lahir

Kompas.com - 29/12/2012, 08:53 WIB

KOMPAS.com - Kehadiran anak merupakan anugerah yang tak terhingga nilainya. Jika muncul keinginan berhenti kerja setelah bayi lahir namun khawatir tak dapat hidup hanya dari satu penghasilan (suami), apa yang sebaiknya dilakukan?

Diana Sandjaja, RFP dari MRE Finansial & Business Advisory memberikan saran berikut ini.

Sebelum memutuskan berhenti kerja, mantapkan niat Anda untuk apa berhenti bekerja. Biasanya agar lebih dekat dengan anak-anak dan bisa mengurus anak dengan baik. Nah, dengan itulah Anda sebenarnya sudah "dibayar", melihat anak bisa tersenyum dan bergembira serta dapat bertumbuh dengan baik.

Masalah sumber pendapatan yang hanya satu sebenarnya tak perlu dikhawatirkan karena bisa disiasati dengan mengubah gaya hidup.

Tentu aja dengan adanya Anda di rumah maka ada beberapa pos pengeluaran yang bisa dipangkas, semisal pengeluaran untuk pengasuh anak, pembantu rumah tangga, guru les, dan transport ke sekolah bila Anda bisa mengantar sendiri.

Bahkan, juga kunjungan ke dokter bila Anda cermat dalam menyiapkan makanan untuk keluarga dan mengurus anak dengan baik. Jadi, jangan terlalu khawatir dengan finansial bila niat Anda tulus untuk keluarga.

(Tabloid Nakita/Hilman Hilmansyah)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com