Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2013, 11:19 WIB

T:
Dok, saya Ririn, ingin menanyakan apakah cara diet yang bagus itu harus berdasarkan golongan darah? Makanan apa saja yang seharusnya saya konsumsi bila saya bergolongan darah O? Bagaimana agar berat badan tidak naik kembali? Terima kasih dokter. (Ririn, 25)

J:
Terima kasih kembali Ririn,
Jika Ririn bertanya mengenai cara diet yang bagus, tentunya diet yang berdasarkan gizi lengkap dan seimbang. Mengapa? Karena tubuh membutuhkan semua zat gizi secara lengkap (artinya dalam setiap makanan yang dikonsumsi harus mengandung karbohidrat, protein hewani, nabati, vitamin, mineral, serat, dan air) dalam jumlah yang sesuai.

Jadi tidak bisa hanya mengutamakan protein hewani saja tanpa adanya sayuran yang kaya serat, vitamin, dan mineral, atau sebaliknya lebih banyak mengkonsumsi sayuran tanpa protein. Semua zat gizi diperlukan oleh tubuh secara seimbang untuk menjalankan metabolisme agar berlangsung secara optimal sehingga memberikan dampak kesehatan yang optimal pula bagi tubuh.

Bagaimana cara yang tepat untuk mempertahankan berat badan Ririn agar tidak naik kembali? Caranya sangat mudah namun membutuhkan komitmen yang kuat, yakni dengan mengatur keseimbangan antara asupan dan pengeluaran energi. Asupan energi didapat dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, sedangkan pengeluaran energi dilakukan dengan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur.

Sayang sekali Ririn tidak melampirkan data berat dan tinggi badan sehingga tidak bisa saya hitungkan berapa kebutuhan yang diperlukan Ririn. Jika Ririn ingin mendapatkan pengaturan diet secara tepat, dapat menghubungi dokter spesialis gizi yang ada di kota Anda. Namun secara umum Ririn dapat mencoba diet dengan total kalori sekitar 1200-1300 kkal, dan contoh menu sebagai berikut:

* Sarapan: Sereal 40 gr + susu low fat 100 ml
* Selingan pagi: Jus mangga jeruk 100 gr
* Makan siang: Nasi 100 gr + ayam saus wijen 50 gr + perkedel tahu panggang 50 gr + cah oyong wortel 100 gr
* Selingan sore: Agar-agar papaya saus jeruk 100 gr
* Makan malam: Nasi 75 gr + ikan bumbu kuning 50 gr + tumis tempe jamur 50 gr + cah bayam wortel 100 gr
* Selingan malam: Potongan buah segar 100 gr

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com