Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Ibu Hamil Tetap Bugar di Kantor

Kompas.com - 23/01/2013, 02:45 WIB

Oleh: Ariyani Na 
Kompasiana: Ariyani_12

Kerja di kantor saat hamil adalah tantangan bagi wanita. Perubahan kondisi secara signifikan, fisik atau psikologis, memengaruhi aktivitas dan produktivitas be¬kerja. Agar dapat bekerja de¬ngan baik, ibu hamil (bumil) harus memastikan kehamilannya dalam keadaan baik.

Ada banyak perubahan dan penyesuaian fisik dan psikis selama hamil. Pada awal keha¬milan misalnya, penciuman bumil menjadi lebih sensitif sehingga mengakibatkan pusing hingga mual. Pencegahnya adalah hindari bau tak sedap atau letakkan aroma terapi yang disukai di atas meja.

Nyeri pada pinggang dan panggul juga kerap dialami bumil, apalagi bila duduk terlalu lama. Hal ini dapat disiasati dengan menyimpan bantal kecil sebagai penyangga bagian belakang tubuh agar posisi duduk lebih nyaman.

Sesekali berdiri dan berjalan juga diperlukan untuk membantu menghilangkan rasa pegal pada panggul dan pinggang.

Mual di pagi hari pada awal kehamilan sudah menjadi sahabat bumil. Untuk mengatasinya, biasanya dokter kandungan memberi obat mual. Kondisi perut yang terlalu kenyang atau lapar juga menjadi penyebab timbulnya mual. Makan dalam jumlah sedikit tetapi sering adalah kunci untuk mencegah mual.

Perjalanan menuju tempat kerja terkadang memengaruhi suasana hati saat tiba di tempat kerja. Hal ini dapat diantisipasi dengan memutar lagu-lagu yang menenangkan.

Bumil dapat pula memilih tempat duduk di depan atau dekat jendela bila menggunakan kendaraan umum. Hal ini untuk menghindari guncangan dan mencium aroma tidak sedap.

Minum air putih yang cukup, hindari minuman berkafein, serta konsumsi makanan sehat dan bergizi juga diperlukan untuk menjaga kebugaran bumil selama bekerja di luar rumah. [http://kom.ps/ADb2ZH]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com