Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Abaikan, Halaman Ideal untuk Hewan Kesayangan!

Kompas.com - 02/04/2013, 20:57 WIB

KOMPAS.com - Untuk mendekor lanskap halaman rumah, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan isi rumah, termasuk kebutuhan hewan peliharaan. Berikut ini beberapa ide merancang halaman yang tidak hanya indah dan nyaman bagi Anda, melainkan juga hewan peliharaan Anda.

Biarkan ada air mengalir

Jika memungkinkan, biarkan ada air segar mengalir di halaman rumah Anda. Jadikan ini salah satu fitur dalam lanskap halaman Anda yang menenangkan, sekaligus memberikan hewan peliharaan akses ke air bersih dalam cuaca panas.

Sebuah kolam kecil juga bisa menjadi pilihan bagi anjing Anda yang menyukai air. Namun, sebelum membangun kolam, Anda harus memastikan keamanan kolam tersebut. Hewan peliharaan, terutama anjing atau kucing, harus mampu mengeluarkan diri dari kolam dengan mudah jika terjatuh ke dalamnya. Caranya, Anda dapat membuat sisi-sisi kolam lebih landai atau membangun pijakan yang melewati kolam.

Keamanan hewan

Untuk menjamin keamanan hewan peliharaan, ada baiknya Anda tidak membiarkan halaman rumah Anda tak berpagar. Dengan memasang pagar, Anda dapat membebaskan anjing berlarian di halaman tanpa takut membuatnya lari terlalu jauh.

Pilihlah material pagar yang serasi dengan gaya lanskap rumah Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan pagar kayu (picket fence) untuk lanskap begaya cottage, pagar horizontal sederhana untuk lanskap bergaya kontemporer, atau pagar kayu dan kabel untuk penampilan lebih rustic.

Tempat berteduh dan berlindung

Unsur ini merupakan salah satu unsur penting bagi hewan peliharaan di pekarangan Anda. Hewan peliharaan, khususnya anjing, memiliki kulit yang dapat dengan mudah terbakar matahari. Sediakan tempat berteduh dan berlindung berupa pohon besar, atau bangunlah tempat berteduh baginya. Jika perlu, tidak ada salahnya membangun rumah anjing di pekarangan Anda.

Awas tanaman beracun!

Ada beberapa tanaman berbahaya bagi hewan peliharaan Anda jika termakan. Tanaman tersebut antara lain azalea dan lili. Jangan lupa, Anda juga sebaiknya berhati-hati dengan racun tikus, pupuk, dan bahan kimia lain di pekarangan Anda.

Buat ruang berukuran besar

Sediakan ruang yang mampu membuat anjing Anda dapat berlarian di pekarangan rumah Anda. Sediakan jalan setapak untuk hewan peliharan Anda dan Anda sendiri.

Baca juga: Beberapa Tanaman Berbahaya untuk Taman Anda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com