Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2013, 21:35 WIB

KOMPAS.com - Bentuk tubuh yang sehat dan indah adalah tuntutan wajib untuk selebriti. Tetapi dari sekian banyak metode diet yang ada di seluruh dunia, metode diet mana sih yang paling populer dan banyak dijalankan?

1. The 5-factor diet

Metode diet ini dirancang oleh pelatih fitnes selebriti, Harley Pasternak. Ketika menjalankan program diet ini, Anda hanya diperbolehkan untuk menikmati makanan yang mengandung lima elemen, yaitu protein, karbohidrat kompleks, serat, lemak, dan cairan. Orang yang mengikuti program ini harus makan lima kali sehari dengan makanan yang mengandung lima bahan ini.

Program ini membolehkan Anda untuk memiliki satu hari untuk libur diet dan menyantap makanan apa saja yang Anda inginkan. Selebriti yang pernah menjalaninya antara lain Eva Mendes, Alicia Keys, Lady Gaga, Megan Fox, Kate Beckinsale, Katy Perry, dan Amanda Seyfried.

2. The fresh diet

Metode diet ini mirip dengan program katering diet yang ada di Indonesia. Dalam metode diet ini, Anda bisa memilih menu makanan yang Anda suka. Namun, semua makanan ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan kalori Anda saat diet. The Fresh Diet ini akan mengirimkan untuk pelanggannya makanan tiga kali sehari dan dua kali cemilan. Makanan yang dihadirkan juga memberikan pilihan makanan yang bebas gluten dan vegetarian. Selebriti yang menjalankan program ini adalah Paula Abdul, Olivia Munn, Maria Menounos, dan Shenae Grimes.

3. The zone diet
Program penurunan berat badan ini dikembangkan oleh mantan ilmuwan Dr Barry Sears. Metode diet ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan 40 persen energi dari karbohidrat, dan 30 persen dari lemak. Sears mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan adalah dengan menyeimbangkan jumlah asam amino dengan karbohidrat dalam tubuh.

Dalam program ini, Anda bisa menyantap makan besar tiga kali sehari dengan porsi yang terukur serta dua kali cemilan. Pola makan ini akan membantu mencegah Anda jadi terlalu lapar dan makan berlebihan. Jennifer Aniston, Demi Moore, dan Sandra Bullock adalah beberapa selebriti yang pernah menjalankan diet ini.

4. Pressed juice

Sama seperti katering diet, metode ini menggunakan jus sayuran dan buah untuk menurunkan berat badan. Para pengikut program ini akan menerima kiriman jus khusus setiap paginya. Jus segar ini dirancang untuk menggantikan makanan dan minuman ringan. Agar hasilnya lebih efektif, pelaku diet disarankan untuk menghindari alkohol, kafein, dan nikotin.

"Saya biasanya meminum jus ini antara waktu makan untuk menghindari makan berlebihan. Jus yang terbuat dari kangkung, bayam, seledri, dan mentimun ini sangat enak dan baik untuk menurunkan berat badan," ungkap Nicole Richie. Selain Nicole Richie, selebriti lain yang pernah menjalankan program ini antara lain Rooney Mara, Zooey Deschanel, dan Gwen Stefani.

5. Freshology

Peserta diet akan diminta mengonsumsi makanan dengan kalori yang terkontrol, rendah karbohidrat, dan tinggi protein. Semua makanan dalam metode ini semuanya terbuat dari bahan alami dan sehat. "Bagian yang terbaik adalah, Anda bisa menikmati makanan enak dan sehat. Dan saya masih bisa mencicipi makanan penutup yang nikmat," ungkap aktris Sofia Vergara. Selebriti lainnya yang menerapkan diet ini adalah Ricki Lake, Lauren Conrad, Jennifer Lopez, Julie Benz.

6. Sunfare

Program diet ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan makanan yang sesuai dengan selera Anda, dan tujuan diet yang Anda inginkan. Bahkan aktris Audrina Patridge mengungkapkan ia bisa makan 1100 sampai 1200 kalori per hari terutama protein tanpa lemak, sayuran hijau, dan karbohidrat rendah. Selebriti yang mengikuti metode ini adalah Audrina Patridge, Eva Longoria, Britney Spears, Garcelle Beauvais, dan Kim Kardashian.

7. The south beach diet
The South Beach Diet dibagi menjadi tiga fase diet. Dua fase pertama  dianggap sebagai fase yang paling berat karena Anda harus berjuang keras untuk menahan menyantap beberapa makanan agar bobot tubuh menurun. Program ini juga dirancang untuk menghilangkan rasa lapar, menurunkan berat badan, dan menjaga kestabilan berat badan seumur hidup. Meskipun tak ada penghitungan kalori atau ukuran porsi yang diatur, namun para pengikut harus meninggalkan roti, nasi, kentang, pasta, makanan yang dipanggang, dan buah-buahan (setidaknya untuk dua minggu pertama).  Selebriti yang menjalankannya antara lain Kim Cattrall, Nicole Kidman, Oprah Winfrey, dan Bill Clinton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com