Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas! Puluhan Jenis Kosmetik Kedaluwarsa Masih Dijual

Kompas.com - 12/04/2013, 18:12 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Tampil cantik dan menarik tentu menjadi dambaan setiap wanita. Namun berhati-hatilah sebab ternyata tidak semua jenis kosmetik yang beredar di pasaran aman untuk mendongkrak penampilan Anda.  Buktinya, di Polewali Mandar, ditemukan banyak kosmetik yang telah kedaluwarsa dan tidak memiliki tanda registrasi Badan POM.

Razia yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan sejak sepekan terakhir, menemukan puluhan jenis kosmetik berbahaya yang beredar luas di masyarakat. Razia dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemda Polewali Mandar, Darwin Badaruddin di sejumlah toko-toko kesmetik di Polewali Mandar, Jumat (12/4/2013).

Demi melindungi para konsumen, petugas lansung menyita sampel kosmetik berbahaya ini agar tidak diperjualbelikan. Sementara, pemilik toko diminta segera menarik dan tak lagi memajangnya di toko.

Darwin Badaruddin menegaskan, bagi pemilik toko kosmetik yang ditemukan menjajakan jenis kosmsetik yang tidak dijamin keamanannya, akan diberi surat teguran dan ditindak. "Barang kedaluwarsa mapun yang tidak mencantumkan registrasi Badan POM kita sita dan minta pemilik toko tidak menjualnya," ujar Darwin.

Darwin mengajak masyarakat dan konsumen agar berhati-hati saat akan memilih jenis kosmetik pilihan mereka. Sebelum membeli sebaiknya periksa masa berlaku dan pastikan terdapat nomor registrasi Badan POM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com