Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2013, 13:56 WIB

KOMPAS.com - Diet bukan penyiksaan. Diet adalah sebuah proses menuju tubuh sehat dengan berat yang ideal. Namun kesalahan masih saja ada ketika melakukan diet. Kesalahan paling umum adalah mengurangi atau tidak makan sama sekali ketika diet. Akibatnya, alih-alih menyenangkan, diet adalah proses yang menyengsarakan.

Proses menuju sehat ini seharusnya dijalani dengan menyenangkan. Namun bagaimana membuat diet jadi sesuatu menyenangkan? Berikut adalah beberapa tipsnya :

1. Jadikan diet bagian dari gaya hidup

Menjalani proses diet yang panjang, tentu ada saatnya merasa bosan. Ketika rasa jenuh melanda, sebaiknya segera temukan motivasi untuk kembali membakar semangat. Motivasi bisa ditemukan dari orang sekitar yang memiliki tubuh sehat dan ideal. Tubuh yang sehat tentu membuat mereka lebih produktif dan energik. Tubuh sehat juga membuat mereka selalu memancarkan semangat.

Motivasi juga diperlukan untuk menjaga pola diet tetap benar. Jangan sampai terpengaruh harus menjadi kurus atau langsing. Diet dikatakan benar bila mampu meningkatkan derajat kesehatan.

2. Perlu menjaga olahraga dan pola makan

Diet adalah bagaimana beraktivitas fisik dan menjaga pola makan. Diet juga terkait kesiapan mental menahan godaan berbagai hidangan yang merugikan kesehatan. Motivasi yang tinggi juga diperlukan untuk menjaga kelangsungan pola hidup sehat. Gabungan ketiganya akan menghasilkan diet dengan manfaat maksimal.

3. Diet adalah sebuah proses

Diet adalah awal proses hidup sehat. Keberhasilan yang diperoleh adalah titik awal menuju tubuh yang lebih sehat. Tujuan selanjutnya, yaitu mempertahankan keberhasilan diet akan jauh lebih sulit.  Namun bukan berarti diet tidak bisa dipertahankan. Senangnya memiliki tubuh sehat diharapkan bisa menjadi motivasi untuk mempertahankan diet yang sudah terbina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com