Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2013, 07:52 WIB

TANYA :

Dokter,  ibu saya terkena diabetes mellitus (DM). Katanya, penyakit itu bisa menurun ke anaknnya. Bagaimana mekanismenya diabetes keturunan itu Dok? Kemarin saya coba tes gula ada 147,apakah itu termasuk gejala atau normal, dan berapakah normalnya? Apa yang harus saya lakukan supaya saya tidak terkena penyakit DM.  Mohon penjelasannya Dok..Terima kasih

(Maya , 24, Semarang)


JAWAB :

Saudari Maya yang terhormat di Semarang

Faktor turunan (genetik) memang mempunyai peranan penting terhadap berkembangnya penyakit diabetes pada seseorang. Bagaimana mekanisme kerja faktor genetik ini pada penyakit diabetes sangat rumit, dan sampai sekarang masih sedikit yang sudah diketahui oleh para ahli.

Disamping faktor turunan, ternyata faktor lingkungan juga sangat menentukan seseorang akan menderita diabetes atau tidak. Faktor lingkungan itu bisa berupa kegemukan (obesitas), pola makan tidak sehat--makan berlebihan, makanan banyak mengandung karbohidrat olahan, mengkonsumsi gula berlebihan, lemak, kurang mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran, buah-buahan--gaya hidup santai-- olahraga kurang, banyak duduk, aktifitas fisik kurang-- dan sebagainya

Jadi, bila seseorang, misalnya Anda sendiri mempunyai seorang Ibu menderita diabetes, Anda memang mempunyai kemungkinan lebih besar menderita diabetes dibandingkan dengan orang lain yang ke dua orang tuanya normal, apalagi kalau ke dua orang tua Anda penyandang diabetes, kemungkinan itu jadi lebih besar lagi. Tetapi, walaupun orang tua Anda penyandang diabetes, tidak berarti Anda serta-merta juga akan mengalami penyakit yang sama, faktor lingkungan itu juga akan sangat menentukan. Tidak semua anak yang orang tuanya menderita diabetes adalah penyandang diabetes juga di kemudian hari.

Ada penulis menggambarkan potensi faktor genetik (turunan) itu ibaratkan sebatang lilin yang selalu bersama Anda. Lilin itu baru akan menyala bila ada yang memantikkan api ke sumbunya. Pemantiknya ini, pada penyakit diabetes itu adalah faktor lingkungan tadi (kegemukan, pola makan tidak sehat, gaya hidup santai, dll)

Oleh karena itu, bila faktor lingkungan tidak mendukung, kemungkinan berkembangnya diabetes itu menjadi kecil. Bila Anda dapat mengontrol faktor lingkungan itu dengan baik, kemungkinan Anda menderita diabetes kecil.

Kemudian, sehubungan pemeriksaan kadar gula darah Anda yang nilainya mencapai 146 mg/dl, saya sebenarnya ingin tahu, apakah ini hasil pemeriksaan gula darah puasa, 2 jam setelah pembebanan (makan) atau sewaktu? Ok, karena tidak ada informasi mengenai itu, saya anggap ini kadar gula darah sewaktu. Bila ini benar, Anda memang belum bisa didiagnosis sebagai penyandang diabetes, tetapi Anda sudah termasuk dalam kategori Prediabetes. Bila Anda tidak melakukan perubahan gaya hidup yang sehat, kemungkinan besar dalam 5-10 tahun yang akan datang Anda dapat terkena diabetes

Lalu, apa yang harus anda lakukan untuk mencegahnya? Yang jelas, orang tua tidak dapat Anda pilih, Anda tidak dapat melakukan apa-apa dalam hal ini. Namun, faktor lingkungan, seperti kegemukan, gaya hidup santai, kebiasaan pola makan yang tidak sehati dapat anda modifikasi, dibawah kendali Anda. Jadi bila berat badan Anda termasuk obes, overweight, usahakan untuk menurunkan berat badan Anda, kalau bisa mencapai berat badan normal. Penurunan berat badan 7-10% saja dari bedan semula dapat mengurangi risiko Anda terkena diabetes.

Berusahalah untuk lebih aktif, lakukan olahraga ringan seperti jogging, renang, sepeda paling tidak 30-40 menit, minimal 5 kali dalam satu minggu. Mengurangi kebiasaan duduk yang lama di depan TV, apalagi sambil duduk Anda juga ngemil, dapat membantu meurunkan risiko diabetes. Mengurangi porsi makan, memilih makanan yang sehat, banyak makan sayur, makanan berserat, makan sedikit, tapi lebih sering, membantu Anda mengurangi risiko diabetes. Berhenti merokok, mengontrol tekanan darah, bila tekanan darah Anda tinggi juga bermanfaat memperkecil kemungkinan Anda menjadi penyandang diabetes kelak.

Demikian, bila masih ada pertanyaan, silakan diajukan lagi, dan saran saya, sebaiknya Anda konsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli penyakit dalam setempat. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Wassalam!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com