Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2013, 10:06 WIB

TANYA:
 
Dok, anak saya perempuan. Sekarang berusia 19 bulan, berat badannya 8kg. Sampai sekarang dia belum juga bisa berjalan, tapi dia sudah mulai bisa berdiri tanpa berpegangan selama 10 detik namun belum berani melangkah. Dia seperti takut dan akan menjerit kalau dipaksa berjalan.
 
Saya bingung apa anak saya ada kelainan atau kurang gizi atau mungkin kurang berlatih. Mohon bantuan penjelasannya dok. Sebelumnya terima kasih
 
(Armiyana, Medan)

JAWAB :

Sayang sekali Ibu tidak menjelaskan saat ini apa saja yang sudah ia dapat lakukan sehingga informasinya menjadi lebih lengkap dan dapat saya ambil kesimpulan secara lebih komprehensif.

Bila saat ini si kecil sudah dapat berdiri sendiri dan mulai melangkah dengan berpegangan sekilas ia masih dalam taraf perkembangan yang normal. Terlebih bila tingkat perkembangan neuromotorik lain dan kognitif (kepandaiannya) sesuai dengan tingkat perkembangan seusianya.

Memang pada sebagian anak, seusia si kecil ada yang belum dapat berjalan sendiri. Namun secara bertahap biasanya lambat laun ia dapat berjalan sendiri. Perlahan-lahan latihlah ia untuk memberanikan dirinya melangkah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com