Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2013, 18:35 WIB

KOMPAS.com — Banyaknya meeting atau kegiatan yang harus dihadiri di luar kantor, lokasi kantor yang jauh dari pusat bisnis, sementara kemacetan semakin parah, membuat banyak pekerja mengalami stres. Stres yang mereka alami ini akan berakibat pada menurunnya konsentrasi dan produktivitas kerja.

Namun, kelelahan fisik dan stres akibat kondisi Ibu Kota ini seharusnya bisa Anda atasi. Terlebih lagi, berkembangnya teknologi membuat para pekerja semakin dimudahkan dalam menjalankan aktivitasnya.

"Tren bekerja sekarang ini adalah telecommuting. Cara kerjanya memungkinkan Anda bisa bekerja dari mana pun secara online, tanpa harus ke kantor," ungkap Dhyoti Roro Rasmi Basuki, Head of Public Relation Intel Indonesia, saat perkenalan teknologi Telecommuting di Segarra Cafe, Ancol, Jakarta Utara, Senin (29/4/2013).

Di kebanyakan negara berkembang, telecommuting menjadi tren baru di dunia kerja. Menurut survei yang dilakukan Ipsos (lembaga penelitian) di berbagai negara, pekerja yang sudah mengaplikasikan telecommuting di Timur Tengah dan Afrika berkisar 27 persen, Amerika Latin (25 persen), Asia Pasifik (24 persen), dan Eropa (9 persen).

Sementara di Indonesia sendiri, dengan jumlah pekerja hingga 34 persen, telah berkembang menjadi negara kedua terbesar setelah India (56 persen) dalam hal telecommuting. Berarti, kita tidak ketinggalan-ketinggalan amat kan?

Dengan data global ini, bisa diasumsikan bahwa 3 dari 10 pekerja dari seluruh dunia sepakat memilih untuk bekerja secara online ketimbang mengutamakan kehadiran fisik di kantor atau di kantor klien.

"Tingginya minat masyarakat terhadap kultur bekerja online ini tidak hanya bisa mengurangi tingkat stres yang dialami, tetapi juga membantu terciptanya work-life balance, khususnya bagi perempuan," tambahnya.

Selain itu, berkurangnya stres juga diharapkan bisa membantu meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja karyawan karena tugas-tugas dikerjakan dengan santai dan suasana hati yang senang. Namun, Dhyoti juga mengungkapkan untuk meningkatkan kultur kerja online ini dibutuhkan mental personal yang bertanggung jawab dan kepercayaan penuh antara karyawan dan perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com