Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2013, 13:56 WIB

KOMPAS.com - Babat adalah bagian perut sapi yang menyimpan ampas makanan.  Berwarna  hitam. Sepintas babat ini keras tapi setelah direbus lama bisa menjadi empuk. Yuk kita lihat cara membersihkan dan mengolah babat berikut ini.

Di pasaran kita dapat menemukan tiga macam jenis babat. Yang tipis berupa lembaran yang bersusun, yang tebal seperti handuk, dan bermotif seperti sarang tawon.

Cara membersihkan babat: 
Rebus air sampai mendidih,  masukkan babat. Sikat atau kerik babat  sampai bersih sambil disiram dengan air air yang mengalir. Biasanya babat yang dijual di supermarket sudah bersih dan sudah direbus. Tapi belum empuk.

Buang  lapisan dalam  yang terdapat di dalam babat. Cuci hingga bersih babat yang sudah dikerik, lalu beri air kapur sirih, remas-remas hingga aromanya tidak ada. Cuci kembali hingga bersih.

Sebelum diolah, babat direbus dahulu bersama rempah daun seperti daun salam, lengkuas, serai, dan daun jeruk, masak sampai babat empuk. Untuk menyingkat waktu,  babat dapat direbus dengan panci tekan selama 30 menit.

Air babat sebaiknya dibuang, dan tidak digunakan, karena  aromanya tidak enak.  Potong-potong babat jika ingin ditumis. Tambahkan rempah daun waktu menumis atau dimasak.

(Tabloid Nova/Aini)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com