Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2014, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Banyak di antara kita yang masih percaya bahwa daging merah, seperti sapi, kambing, atau babi, adalah salah satu penyebab terbesar timbulnya penyakit jantung. Padahal, jika daging dipilih dan diolah dengan benar, kita dapat mengurangi kadar lemak jenuh di dalamnya, menghindari kulit keriput lebih awal, penyumbatan pembuluh arteri, dan juga peningkatan kolesterol. Berikut caranya:

1. Pilih yang terbaik. Apabila Anda ingin membeli daging,  pilihlah yang masih segar, baru, dan memiliki kandungan lemak paling rendah.

2. Tanpa lemak. Sebagai pembeli, Anda bisa meminta untuk dipilihkan daging tanpa lemak kepada si penjual. Biasanya di supermarket besar, daging tanpa lemak lebih mudah dijumpai karena sudah diberi label "tanpa lemak".

3. Buang lemaknya. Potong dan buang bagian berlemak yang masih menempel pada daging sebelum diolah.

4. Rebus atau panggang. Olah daging dengan cara direbus atau dipanggang daripada digoreng karena hanya akan menambah kandungan lemak dan kolesterolnya. Jika Anda masih ingin menggoreng daging, gunakan minyak zaitun yang telah terbukti sangat ampuh dalam memerangi kolesterol.

5. Hapus minyak. Hapus kelebihan minyak dan kalori pada daging yang dipanggang dengan menggunakan tisu minyak.

6. Tahu batasnya. Kurangi mengonsumsi daging, yaitu tidak lebih dari satu potong daging atau sekitar 85 gram daging merah dalam seminggu.

Ternyata sangat mudah bukan? Mengonsumsi daging rendah lemak dan mengandung lemak tak jenuh dapat membuat usia Anda 6 tahun terlihat lebih muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com