Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2014, 12:54 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com- Bagi Chef Arnold Poernomo, tidak ada orang yang tidak bisa memasak. Karena menurutnya, banyak orang kerap tidak menyadari bahwa mereka pasti pernah mengolah sesuatu di dapur untuk disantap.

"Semua orang pernah dan bisa memasak, misalnya mi instan, atau sekadar telur mata sapi.Tapi yang jadi masalah itu, hasil akhirnya, enak atau tidak, itu lain perkara," kata Chef Arnold saat peluncuran online cooking class Sealicious di fx, Jakarta, Rabu (5/3/2014) lalu.

Sudah susah-susah dan repot memasak tapi hasilnya tak enak, pasti menyebalkan. Pengalaman seperti itulah yang membuat orang jadi malas memasak.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Fiesta Seafood terhadap perempuan berusia 25-45 tahun di lima kota, Jakarta, Depok, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta, mengungkapkan bahwa ada tiga alasan utama yang membuat seseorang enggan memasak sendiri di rumah.

1. Sibuk

Berangkat kerja di pagi hari, dan pulang kerja sudah larut malam, maka kapankah ada kesempatan untuk masak? Seringkali kesibukan kerja dan urusan rumah tangga lainnya menyita waktu dan sulit untuk memasak.  Maka dari itu, banyak pasangan suami istri atau lajang muda yang memilih untuk makan di luar saja.

"Yang namanya masak, pasti gambarannya harus kupas-kupas, potong, tumis, pokoknya ribet deh. Kadang, bayanginnya aja sudah males. Padahal ada banyak makanan sederhana yang nggak terlalu ribet," kata Arnold.

2. Tak punya ilmu

Kebanyakan orang mengaku tak bisa memasak karena mereka tidak tahu bumbu, resep atau cara memasak untuk menghasilkan makanan yang enak. "Seharusnya ini tak lagi jadi masalah, karena sekarang sudah ada internet yang dengan mudah membantu Anda belajar memasak," sarannya.

3. Tak punya motivasi

Dari dua alasan di atas, yang paling utama dan memberatkan banyak orang, tak memiliki motivasi serta dukungan untuk memasak adalah alasan yang paling sulit diatasi. Enggan pastinya kalau sudah capek-capek memasak, tapi rasanya tak enak,  dan tak ada yang mau makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com