Jangan Berprasangka, Kenali Tanda Orang yang Merasa Dirinya Paling Benar - Kompas.com

Jangan Berprasangka, Kenali Tanda Orang yang Merasa Dirinya Paling Benar

Wardah Fajri
Kompas.com - 28/04/2014, 10:30 WIB
Shutterstock Negosiasi membutuhkan persiapan dan kemahiran.
KOMPAS.com - Terganggu dengan orang terdekat atau di lingkungan kerja yang sikapnya menunjukkan seakan dirinya paling benar? Jangan buru-buru memberikan penilaian, bisa jadi itu hanya prasangka Anda. Kenali dulu apakah Anda menemukan tanda-tanda ini dalam dirinya sebelum menganggapnya demikian.

Menurut Leadership Coach & Motivator, Ainy Fauziyah, berikut tanda-tanda orang yang merasa dirinya paling benar:

‎1. Setiap kali ada permasalahan selalu menyalahkan orang lain atau keadaan, bukannya bertanya, apa yang sebenarnya harus saya perbaiki dari diri saya dan tim saya.
2. Cenderung defensif ketika orang lain memberi masukan atau berseberangan pendapat darinya.
3. Cenderung merasa dirinya sudah melakukan yang terbaik, sementara melihat orang lain ia cenderung melihat kekurangannya saja, bukannya dua sisi, yaitu kekurangannya dan kelebihannya.
4. Menuntut orang lain melakukan "apa kata dia" tanpa berusaha untuk membicarakannya dahulu serta tanpa ada rasa peduli apakah orang lain pada kondisi saat itu bisa melakukannya atau tidak.
‎5. Selalu membicarakan kekurangan orang lain, timnya, rekan kerjanya, atasannya, mitra kerjanya, dan bukannya bicara secara simbang dari sisi kelebihannya juga.

"Saat seseorang merasa paling benar, sudah waktunya instropeksi diri sehingga bisa menjauhkan diri dari keegoisan hati sekaligus kesombongan," katanya.


PenulisWardah Fajri
EditorWardah Fajri
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM