Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Pentingnya Main Sambil Olahraga dengan Buah Hati Anda

Kompas.com - 15/01/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Parenting



KOMPAS.com - Bagi anak-anak, bermain adalah kegiatan yang penting bagi perkembangan dan proses tumbuh kembang. Di samping itu, bermain juga penting untuk mengembangkan kreativitas mereka. Nah, bermain sambil berolahraga tak hanya penting bagi anak, tapi juga untuk orangtua.

Pakar kebugaran, John Rowley, menjelaskan, berolahraga dan menularkan kebiasaan berolahraga kepada anak sangatlah penting. Sebab, kebiasaan olahraga dapat meningkatkan harapan hidup, menurunkan risiko gangguan kesehatan, mengatur berat badan, serta mendongkrak performa dalam bekerja maupun di sekolah.

"Namun kita tidak bisa mengharapkan Anak memikirkan manfaat kesehatan, karena prioritas utama mereka adalah bermain dan bersenang-senang. Sebagai orang tua, penting bagi Anda untuk membuat olahraga sama menariknya seperti bermain," ungkap Rowley.

Ada beberapa aktivitas bermain anak yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk olahraga. Misalnya, Anda bisa mengajak anak ke taman bermain. Mereka bisa bermain ayunan, seluncuran, memanjat, dan permainan lainnya. Tidak hanya anak yang senang, Anda pun bisa memanfaatkan kegiatan berlari dan mendampingi anak sebagai sarana olahraga.

Bila Anda gemar melakukan aktivitas luar ruangan, Anda bisa mengajak buah hati Anda bersepeda atau hiking sambil menikmati keindahan alam. Dengan demikian, Anda dan buah hati dapat berolahraga bersama.

"Menjadwalkan hari berolahraga bersama juga merupakan cara yang bagus membentuk kebugaran keluarga. Pergilah ke lapangan untuk bermain basket atau sepakbola bersama. Ciptakan juga kompetisi kecil dengan anak, yang kalah harus lakukan 10 kali push up atau jumping jack," ujar Rowley.

Tidak hanya itu, memelihara hewan seperti anjing atau kucing pun dapat menjadi sarana berolahraga bersama anak. Ajaklah anak membawa anjing jalan-jalan dan bermain bersama anjing. Sebab, imbuh Rowley, bermain bersama anjing di luar rumah dapat membakar 100 kalori dalam waktu setengah jam.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Parenting
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com