Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Latih Pemberontak Suriah untuk Perangi ISIS

Kompas.com - 26/03/2015, 18:40 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Inggris akan melatih anggota pemberontak moderat Suriah di Turki dan beberapa negara lain di kawasan itu sebagai bagian dari upaya internasional memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian diumumkan Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon, Kamis (26/3/2015).

Sebanyak 75 pelatih militer akan melatih pemberontak Suriah menggunakan senjata ringan, taktik infantri, dan kemampuan medis. Pelatihan ini adalah bagian dari program pelatihan pimpinan AS yang diharapkan akan dimulai dalam beberapa pekan mendatang.

"Mengalahkan ISIS sepenuhnya tergantung pada pasukan-pasukan lokal, dan kami membantu untuk menciptakan pasukan darat yang efektif di Suriah, termasuk di Irak, sehingga mereka bisa melawan ISIS," kata Fallon.

Inggris, kata Fallon, sudah melatih pasukan Irak dan Kurdi pada Desember lalu seraya menambahkan, personel militer yang akan dikirim diharapkan berjumlah di bawah 100 personel.

"Inggris tetap berada di garis depan upaya koalisi untuk mendukung Pemerintah Irak dalam perang mereka melawan ISIS," lanjut Fallon.

"Operasi militer yang efektif dan terkoordinasi antara pasukan Irak dan Kurdi saat ini tertahan oleh para teroris. Namun, ISIS harus dikalahkan, baik di Irak maupun Suriah," kata Fallon.

Fallon juga mengumumkan bahwa Inggris akan mengirimkan dua pesawat Sentinel ke kawasan itu untuk melakukan pengintaian aktivitas ISIS di Irak dan melacak bom-bom yang ditanam ISIS.

Sementara itu, jet-jet Tornado dan Reaper milik AU Inggris sejauh ini sudah melakukan 194 serangan di Irak, meski Pemerintah Inggris menolak untuk menyerang wilayah Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com