Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2015, 19:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
 — Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat diperhatikan oleh para wanita. Salah satu yang dikhawatirkan adalah payudara akan kendur karena berbagai hal. Padahal, belum tentu semuanya benar. Berikut lima mitos tentang payudara kendur seperti dikutip dari Prevention.com.

1. Menyusui sebabkan payudara kendur

Ini hanya mitos. Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Aesthetic Surgery tahun 2008 mengungkapkan bahwa menyusui bayi bukan faktor risiko payudara kendur. Mary Jane Minkin, seorang profesor bidang obstetri dan ginekologi dari Yale University School of Medicine, mengatakan, payudara mengendur diduga karena proses kehamilan, bukan karena menyusui. Saat hamil, ukuran payudara dan berat badan bertambah. Jadi, jangan takut payudara akan mengendur karena memberikan ASI kepada bayi.

2. Pakai bra khusus cegah payudara kendur

Hingga saat ini tidak ada penelitian bahwa menggunakan bra jenis tertentu bisa mencegah payudara kendur. Minkin mengatakan, mengenakan bra saat tidur bisa mencegah payudara kendur juga mitos belaka.

Terkecuali saat Anda berolahraga. Payudara akan bergerak naik dan turun sehingga bisa meregangkan jaringan payudara yang mungkin bisa membuat kendur. Bra olahraga yang menahan gerakan berlebihan pada payudara baik digunakan.

3 Latihan fisik bisa kencangkan payudara

Ketahuilah bahwa payudara tidak terdiri dari otot sehingga tidak ada latihan fisik tertentu yang bisa mengencangkan payudara. Maka, tidak latihan fisik pun bukan berarti bisa menyebabkan payudara kendur.

Direktur Medis Clinical Breast Services and Breast Programs dari New York University Langone Medical Center Deborah Axelrod mengatakan, latihan fisik memang bisa berguna untuk otot dada, terutama yang terletak tepat di bawah payudara.

 4. Payudara kecil tidak akan kendur

Payudara berukuran kecil ataupun besar sama-sama berisiko untuk kendur. Namun, menurut Minkin, payudara berukuran kecil memang akan lebih kecil risikonya karena jaringan dalam payudara lebih sedikit.

Sementara itu, menurut Axelrod, payudara kendur bisa dipengaruhi oleh kepadatan payudara di mana terdapat lemak dan jaringan. Payudara yang sangat padat diketahui memiliki jaringan lebih banyak dibanding lemak sehingga akan lebih mudah kendur. Sementara payudara yang tidak terlalu padat mengandung lebih banyak lemak dibanding jaringan.

5. Tidak ada cara untuk mencegah payudara kendur

Payudara kendur memang tak bisa dihindari para wanita seiring bertambahnya usia. Namun, mencegah payudara kendur terjadi lebih cepat bisa dilakukan. Salah satunya dengan tidak merokok. Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Aesthetic Surgery, wanita yang merokok lebih berisiko memiliki payudara kendur. Selain itu, cegah payudara kendur lebih cepat bisa dengan menjaga berat badan ideal dan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com