Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2016, 12:19 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

KOMPASC.com - Susu merupakan minuman dengan kandungan zat gizi terlengkap karena mengandung hampir semua unsur pembangun tubuh, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, sampai mineral. Karena kandungannya itu, susu tak hanya baik dikonsumsi anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Keuntungan utama minum susu datang dari mineral, kalsium dan fosfor di dalamnya yang berguna sebagai penguat tulang dan gigi. Jika memeriksa label kandungan gizi (nutrition facts) pada kemasan susu, Anda bisa mengetahui jumlah nutrisi termasuk kandungan lemaknya.

Memperhatikan asupan lemak dari susu merupakan antisipasi terhadap asupan lemak total dari konsumisi makanan atau minuman setiap hari. Kelebihan asupan lemak total dari susu dan santapan lainnya ini bisa menimbulkan dampak negatif untuk tubuh, yakni kegemukan. Alasan ini sering kali dijadikan alasan meninggalkan kebiasaan minum susu.

Anda tidak perlu kok sampai meninggalkan kebiasaan minum susu. Ingat, susu masih punya keuntungan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Kalau tidak minum susu, otomatis Anda juga tidak mendapatkan keuntungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Alternatifnya, Anda bisa memilih produk susu rendah lemak, seperti Susu Tropicana Slim Low Fat. Kandungan lemak dalam Susu Tropicana Slim Low Fat hanya 0,5 gram per sajian, dibandingkan susu lain yang rata-rata mengandung sekitar 8 gram lemak per sajian.

Sekarang, tak perlu khawatir kegemukan karena minum susu, bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com