Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Tai Chi Mengurangi Risiko Penyakit Jantung?

Kompas.com - 19/01/2016, 13:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Seperti aktivitas fisik lainnya, tai chi ternyata merupakan bermanfaat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Latihan tubuh dan pikiran ini amat sesuai untuk lansia.

Alona D. Angosta yang mereview riset terhadap tai chi juga mengatakan, mereka yang terlalu lemah untuk berolahraga atau bosan latihan di gym juga dapat mencoba tai chi untuk menjaga kesehatannya.

Kendati jumlah percobaan tai chi masih terbatas, beberapa di antaranya membuktikan bahwa tai chi dapat mengurangi faktor-faktor risiko penyakit jantung. Misalnya seperti mengurangi kadar total kolesterol dan trigliserida, meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan memperlambat detak jantung.

Cukup ada data juga yang membuktikan latihan tai chi dapat memperbaiki tekanan darah. Dokter-dokter Harvard yang melakukan review sistematik literatur medis pada 2008 menemukan 22 dari 26 studi melaporkan pengurangan tekanan darah di antara partisipan tai chi.

Satu percobaan dari 1996 secara acak menugaskan 126 penyintas serangan jantung untuk melakukan entah tai chi, latihan aerobik, atau kelompok pendukung bukan olahraga selama delapan minggu.

Percobaan itu menemukan perbaikan tekanan darah diastolik dan sistolik pada kelompok yang melakukan tai chi. Peserta juga ternyata lebih setia melakukan tai chi dari waktu ke waktu.

Peneliti mengatakan lebih banyak bukti riset akan membantu meyakinkan manfaat tai chi untuk kesehatan jantung. Banyak dari percobaan yang ada dilakukan dalam skala kecil, meresepkan jenis tai chi yang berbeda dan mengikuti orang-orang dalam jangka waktu bervariasi. Limitasi ini menyulitkan para ahli membuat kesimpulan kuat mengenai efek tai chi untuk kesehatan jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com