Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarapan "Oatmeal" Cepat Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 21/01/2016, 11:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com — Jika Anda ingin menurunkan berat badan, saatnya memulai makan oatmeal pada pagi hari. Mengapa demikian?

1. Didukung bukti ilmiah
Sebuah studi kecil menemukan, mereka yang makan oatmeal setiap hari selama enam pekan memiliki penurunan kolesterol dan penurunan ukuran perut lebih besar daripada mereka yang makan mi pada periode yang sama.

2. Kenyang lebih lama
Tidak perlu mencari camilan lain pada pagi hari ketika sarapan oatmeal karena makanan ini mengandung kalori dan serat yang dibutuhkan untuk tetap kenyang sepanjang pagi. 


Tak seperti sereal sarapan yang penuh gula, tubuh mencerna oatmeal lebih lambat, menjaga gula darah tetap stabil, energi bertambah, dan rasa lapar hilang.

3. Mengonsumsi karbohidrat pada waktu yang tepat
Ketika harus menurunkan berat badan, pelatih selebriti Bob Harper dan Gunnar Peterson setuju bahwa kita harus makan karbohidrat untuk sarapan. Ahli nutrisi dari Manhattan Shira Lenchewski mengatakan, "Karbohidrat dibakar lebih efisien pada pagi hari daripada malam."

Dengan begitu, karbohidrat pasti terpakai dan tidak disimpan sebagai lemak di tubuh. Shira juga merekomendasikan porsi karbohidrat terbesar ada pada pagi hari.

4. Tidak membosankan
Sarapan hangat ini seharusnya tidak membosankan. Tambahkan ke mangkuk oatmeal potongan buah-buahan, seperti pisang, stroberi, atau kiwi. Selain enak, buah juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com