Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2016, 09:55 WIB
Michael Metekohy

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia secara spesifik meminta benua Eropa agar menyiapkan diri menghadapi penyebaran virus Zika. Hal ini disampaikan oleh Kepala WHO untuk Eropa, Zsuzsanna Jakab pada hari Rabu (03/02/16).

Meski kasus Zika belum ditemukan di Eropa, WHO menganggap perlu ada tindakan pencegahan yang sangat cepat. WHO memperkirakan penyebaran virus ini dimulai saat musim panas dan semi.

“Setiap negara Eropa yang memiliki nyamuk Aedes harus waspada. Apalagi benua Eropa akan segera masuk ke musim panas dan semi, dimana nyamuk Aedes akan sangat aktif,” ujar Zsuzsanna.

Zsuzsanna menambahkan, kalau virus ini masuk lewat turis yang berkunjung ke Eropa. Tapi virus ini belum terdeteksi karena nyamuk Aedes yang menjadi pembawa virus Zika masih belum dalam masa aktifnya.

“Diperkirakan, virus ini akan menyebar dengan cepat di musim semi dan panas yang disebabkan oleh aktifnya nyamuk Aedes,” kata Zsuzsanna seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, WHO menetapkan status darurat global mengenai virus Zika. Pernyataan tersebut didasari oleh banyaknya negara, terutama di bagian Amerika Selatan, yang terjangkit virus Zika. Kini, lebih dari 20 negara telah terserang virus Zika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com