Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Aku Ingin Orang Lain Merasakan Jatuh Cinta pada Indonesia"

Kompas.com - 21/04/2016, 19:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Memiliki penghasilan yang tetap dari pekerjaannya di bidang periklanan tak lantas membuat Bening Rara merasakan kepuasan dalam hidup.

Program, visi, dan, misi Indonesia Mengajar menarik perhatian wanita yang akrab disapa Rara ini sehingga memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang telah dia geluti selama tiga tahun tersebut.

Di Indonesia Mengajar, Rara ditugaskan untuk mengajar anak-anak daerah pedalaman Kalimantan selama satu tahun. Pengalaman tersebut diakui Rara mengubah hidupnya.

"Saya ke sana untuk mengajar, tapi justru saya yang jadi belajar," ujar Rara. 

Dia mengatakan, di sana dia banyak belajar kearifan lokal dan keindahan Indonesia yang luar biasa.

"Saya juga belajar ketika memberi sesuatu ke orang lain, memberi aku energi. Saya belajar tentang hidup di sana," jelasnya.

Setahun di pedalaman Kalimantan tanpa ada listrik dan sinyal ponsel membuat Rara fokus dengan interaksi antarmanusia.

Selain itu, dia juga sadar bahwa anak-anak daerah sangatlah cerdas dan memiliki potensi yang tak kalah dengan anak kota.

Pengalaman mengajar di daerah terpencil membuat Rara memutuskan untuk membuat GoArchipelago, perusahaan digital di bidang travel, di mana Anda tak hanya sekadar membeli paket perjalanan, tetapi juga berkontribusi untuk penduduk lokal, khususnya untuk pendidikan anak-anak setempat.

Jadi, misalnya, dengan ikut serta gerakan @1000_guru, Anda turut memberikan kontribusi mengajar anak-anak dekat lokasi wisata pilihan, atau membantu para perajin mainan tradisional di daerah Yogyakarta agar memiliki pendapatan yang berkesinambungan.

"Aku ingin orang lain merasakan seperti apa yang aku rasakan (di Kalimantan). Aku ingin orang lain merasakan jatuh cinta pada Indonesia. Bukan hanya mata yang dipuaskan, tetapi juga hatinya dipuaskan lewat perjalanan," urainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com