Cegah Penuaan Dini, Konsumsi 6 Makanan Ini! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Asuransi Astra

Cegah Penuaan Dini, Konsumsi 6 Makanan Ini!

Mikhael Gewati
Kompas.com - 07/06/2016, 05:17 WIB
Thinkstock Ilustrasi foto penuaan dini

KOMPAS.com—Pertambahan usia bisa terlihat dari perubahan kulit yang memperlihatkan tanda-tanda penuaan, seperti kulit kering dan keriput. Masalahnya, tak semua orang mengalami penuaan kulit sesuai usianya.

Eddi Karta, Dokter Spesialis Kulit dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan, ada orang masih berusia muda tetapi kulitnya sudah tak elestis, kencang, bahkan keriput.

"Inilah yang disebut dengan penuaan dini, yaitu sebuah kondisi kulit sudah mengalami penuaan, padahal sebenarnya belum waktunya," ujar Eddi seperti pernah dikutip Kompas.com pada Rabu (3/4/2013).

Proses penuaan dini bisa terjadi akibat kebiasaan tak sehat, mulai dari kurang tidur, stres, berada di ruangan berpendingin udara terlalu lama, polusi udara, sampai terkena radiasi matahari.

Selain menghindari pemicu dari kebiasaan tak sehat itu, konsumsi makanan yang bisa membantu kesehatan kulit juga merupakan cara mencegah penuaan dini. Dikutip dari bodyandsoul.com, berikut ini enam makanan terbaik untuk kesehatan kulit:

1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber vitamin E dan antioksidan, yaitu nutrisi pencegah kerusakan oksidatif di tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

THINKSTOCK Ilustrasi

Radikal bebas adalah molekul tak berpasangan yang dalam prosesnya akan mencari elektron atau sel lain dengan sangat reaktif. Akibat proses pencarian ini banyak sel-sel di dalam tubuh rusak sehingga memicu penuaan dini dan penyakit lain.

Adapun kolagen adalah salah satu protein dalam tubuh yang berfungsi menjaga kulit tetap kencang dan lentur. Kandungan lemak tak jenuh dan betakaroten tinggi pada alpukat juga dapat menyehatkan kulit dan melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

Betakaroten merupakan provitamin A yang akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh sehingga sangat baik untuk penglihatan, reproduksi, dan proses metabolisme lainnya.

2. Ganggang hijau

Tumbuhan yang bisa hidup di air tawar dan asin ini banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan kulit, seperti antioksidan dan anti-aging. Selain dua zat itu, ganggang hijau juga kaya betakaroten dan vitamin C, yang keduanya pun bermanfaat meningkatkan kesehatan kulit.

Ganggang hijau juga kaya klorofil atau zat hijau daun, yang dapat membantu proses detoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh.

3. Anggur merah

Buah ini kaya kandungan resveratrol—senyawa kimia pada tumbuhan—dan antioksidan. Selain bagus untuk kesehatan dan anti-aging, resveratrol juga dapat membuat orang yang sering mengonsumsinya berumur panjang.

Hasil riset para ahli dari University of Wisconsin yang dipublikasi dalam jurnal PLoS ONE mengungkapkan, resveratrol menunjukkan potensi besar bagi perlindungan organ jantung terhadap proses penuaan. 

4. Salmon

Ikan salmon banyak mengandung omega 3, lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Omega 3 mempunyai peranan penting untuk kesehatan kulit karena dapat mencegah kulit kering dan penuaan dini.

Shutterstock Ikan salmon
Omega 3 secara alami menghasilkan minyak yang berfungsi sebagai pelembab bagi kulit. Lemak tak jenuh ini juga dapat meningkatkan kelenturan dan kekencangan kulit serta dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit.

Salmon yang hidup di perairan laut lepas bahkan mengandung astaxanthin yaitu antioksidan super yang membantu memerangi tanda-tanda penuaan. Astaxanthin juga dapat menekan risiko tubuh terkena kanker, serangan jantung, dan penyakit karena penurunan fungsi jaringan atau organ tubuh (neurodegeneratif).

5. Kunyit

Rempah-rempah ini dapat meningkatkan kesehatan dan merupakan anti-aging karena mengandung antioksidan yang sangat efektif yaitu curcumin. Kandungan curcumin pada kunyit juga mampu meminimalisir Anda terkena kanker dan serangan jantung.

Selain itu, kunyit juga dapat membantu menguatkan daya ingat  dan mengurangi risiko Anda terserang penyakit alzheimer, yaitu gangguan pada otak yang berakibat penurunan daya ingat hingga kemampuan mental.

6. Semangka

Semangka kaya kandungan antioksidan lycopene yang memiliki sifat kuat untuk melawan penuaan dini. Buah ini juga sumber vitamin A dan C yang memberikan nutrisi bagi kulit dan dapat mencegah perubahan warna dan keriput pada kulit. 

(Baca: Nih... Beberapa Makanan yang Mempercepat Datangnya Stroke!)

shutterstock
Tak hanya buahnya, biji semangka juga mengandung vitamin dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Adapun antioksidan lycopene juga dapat menurunkan risiko  Anda terkena penyakit jantung dan kanker.

Atur menu

Nah, sekarang tinggal saatnya Anda mulai memasukkan enam makanan tersebut ke dalam menu makan sehari-hari. Agar tidak bosan Anda bisa mengombinasikannya dengan hidangan lain, seperti mencampur alpukat dengan buah-buah lain dalam menu es campur atau salad.

Untuk melihat hasilnya, konsumsilah salah satu dari enam makanan tersebut secara rutin. Jika Anda khawatir lupa karena sibuk beraktivitas, sekarang sudah ada aplikasi mobile di ponsel yang dapat membantu.

Beberapa aplikasi sudah mempunyai fitur daily activity yaitu fitur untuk mengatur menu makanan dan waktu mengonsumsinya. Jika sudah tiba waktu makan, aplikasi ini akan mengingatkan Anda sehingga tidak ada lagi alasan lupa.

Agar peluang usaha Anda melawan proses penuaan dini berhasil, perbanyak juga konsumsi air putih. Nah, ada juga aplikasi yang bahkan memungkinkan Anda mengatur frekuensi minum air putih dalam sehari.

Aplikasi Medcare, misalnya, juga sampai menyediakan fitur untuk mengatur sendiri frekuensi minum kopi dan teh dalam satu hari. Aplikasi yang bisa dipasang di sistem operasi Android dan iOS ini pun memasang fitur jadwal Anda untuk berolahraga dan beristirahat.

Kalau sudah begini, usaha untuk melawan penuaan dini dan menjaga penampilan awet muda bukan lagi perkara susah, bukan? Pertanyaannya, kapan Anda akan mulai menjalankannya?

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMikhael Gewati
EditorPalupi Annisa Auliani
Komentar

Terkini Lainnya

Apa Pengaruh Kopi Untuk Hati Anda?

Apa Pengaruh Kopi Untuk Hati Anda?

Eat Good
Kapan Keputihan Dianggap Tidak Normal?

Kapan Keputihan Dianggap Tidak Normal?

Feel Good
Stop Kebiasaan Mengisi Baterai Ponsel di Mobil

Stop Kebiasaan Mengisi Baterai Ponsel di Mobil

Feel Good
Sebaiknya Apel Tak Dimakan Beserta Kulitnya?

Sebaiknya Apel Tak Dimakan Beserta Kulitnya?

Eat Good
5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Berlari

5 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Berlari

Feel Good
Haruskah Pakai Conditioner Setelah Keramas?

Haruskah Pakai Conditioner Setelah Keramas?

Look Good
Mengapa Seperti Ada yang Mengawasi? Padahal Kita Sendiri

Mengapa Seperti Ada yang Mengawasi? Padahal Kita Sendiri

Feel Good
10 Sneakers Hitam yang Bisa Menjadi Pilihan

10 Sneakers Hitam yang Bisa Menjadi Pilihan

Look Good
Memilih Kondom yang Sesuai Ukuran Mr. P

Memilih Kondom yang Sesuai Ukuran Mr. P

Feel Good
4 Alasan Mengapa Kita Kadang Perlu Memaki

4 Alasan Mengapa Kita Kadang Perlu Memaki

Feel Good
Agar 'Cheating Days' Tak Merusak Diet

Agar "Cheating Days" Tak Merusak Diet

Eat Good
Mengapa Banyak Atlet Profesional Menghindari Seks?

Mengapa Banyak Atlet Profesional Menghindari Seks?

Feel Good
Benarkah Berenang Bikin Gemuk?

Benarkah Berenang Bikin Gemuk?

Look Good
Belajar dari Choirul Huda, Perlu ada Pelatihan Khusus Cedera Olahraga

Belajar dari Choirul Huda, Perlu ada Pelatihan Khusus Cedera Olahraga

Feel Good
Kandidat yang Tepat untuk Mendapat ASI dari Donor

Kandidat yang Tepat untuk Mendapat ASI dari Donor

Feel Good
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM