Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2016, 16:00 WIB

TANYA:

Dok, bagaimana cara mencegah asam lambung tidak naik. Saya menderita sakit maag dan selama ini hanya minum obat yang dijual bebas. Tetapi belakangan rasanya penyakit ini sering kumat dan obat yang sama minum tidak mempan. Saya agak kuatir karena kemarin ini saya sampai muntah banyak sekali gara-gara asam lambung. Kira-kira apa penyakit saya ya dok? Ada yang bilang katanya saya sakit empedu.

Khoiri (34), Jember

JAWAB:

Yang terhormat Saudara Khoiri di Jember

Saudara Khoiri, terimakasih atas pertanyaan saudara. Tetapi sayangnya, saya tidak membaca keluhan-keluhan saudara yang lebih lengkap sehingga saya dapat memperkirakan ke arah mana kemungkinan penyakit yang saudara derita.

Menegakkan diagnosis penyakit yang terkait dengan keluhan lambung itu tidak mudah. Data-data berkaitan dengan keluhan, gejala, tanda, bahkan usia, jenis kelamin, berat badan juga membantu untuk menegakkan kemungkinan diagnosisnya

Lalu, sehubungan dengan keluhan Saudara yang semakin memberat, muntah-muntah yang banyak dan tidak membaik dengan obat-obatan bebas yang saudara konsumsi, sebaiknya saudara pastikan dulu apa penyebabnya. Saudara belum tentu menderita penyakit mag seperti yang saudara anggap selama ini.

Banyak penyebab dari keluhan seperti itu, mulai dari yang ringan sampai pada yang memerlukan perhatian, penanganan khusus. Mulai dari makanan yang saudara konsumsi, status emosi, pikiran, stress dan keadaan serius lain, dapat menyebabkan keluhan begitu. Karenanya, saran saya, saudara perlu konsul dengan dokter ahli penyakit dalam setempat. Dia akan melakukan pemeriksaan lebih lengkap dan tepat untuk memastikan penyebabnya.

Kalau kemungkinan diagnosis sudah ditegakkan, In Shaa Allah dengan obat-obatan yang tepat pula, serta saran-saran yang sesuai  dengan penyakit yang saudara alami, yang diberikan oleh  dokter Saudara, Saudara akan baik

Kemudian, tentang pertanyaan, "apakah ada kemungkinan penyebabnya karena batu empedu?"

Bisa saja, hanya saja kalau melihat keluhan yang saudara sampaikan kemungkinannya kecil.  Batu empedu sering tidak memberikan gejala. Kalau ada gejala biasanya nyeri di perut bagian kanan atas, dikenal dengan kolik bilier. Nyeri ini cukup berat dirasakan dan berlangsung cukup lama, lebih dari 30 menit. Dan, biasanya batu empedu juga lebih sering didapatkan pada wanita, usia 40 tahun ke atas  dan gemuk

Demikian, terima kasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com