Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutin Minum Kopi Turunkan Risiko Demensia pada Wanita

Kompas.com - 11/10/2016, 18:45 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Satu lagi alasan untuk lebih menikmati secangkir pagi Anda: sebuah studi baru menunjukkan, kebiasaan minum kopi dapat mengurangi risiko demensia pada perempuan.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam The Jurnal of Gerontology menyimpulkan bahwa konsumsi kafein lebih dari 261 miligram per hari—sekitar 2-3 cangkir kopi atau 5-6 cangkir teh hitam—terkait dengan pengurangan 36 persen risiko demensia di kalangan wanita usia 50 tahun ke atas.

Peneliti mengumpulkan data dari 6.467 wanita pascamenopause yang rata-rata berusia 60 tahun dan melaporkan jumlah asupan kafein harian. Setelah itu, peneliti melakukan penilaian tahunan tentang fungsi kognitif selama 10 tahun berikutnya.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi kafein sebanyak 261 miligram per hari didiagnosa memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena demensia, ketimbang wanita yang hanya mengonsumsi 64 miligram kafein.

"Kami tidak benar-benar terkejut dengan temuan ini, sebab bukti epidemiologi telah mengarah ke hasil yang sama," kata Ira Driscoll, Ph.D., penulis utama studi dan profesor psikologi di University of Wisconsin, Milwaukee.

Penelitian sebelumnya menyimpulkan, bahwa konsumsi kopi telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti pengurangan faktor risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, serta menurunkan risiko kematian akibat kedua kondisi itu.

"Saya pikir temuan ini sangat menarik dan tentunya sesuai dengan literatur terakhir tentang efek positif dari kafein terhadap usia," kata Michael A. Yassa, Ph.D., seorang profesor di departemen neurobiologi dan direktur Yassa Translational neurobiologi Lab di University of California, Irvine.

Pada tahun 2014, Yassa dan rekan dari Johns Hopkins University juga mempelajari koneksi otak dan kafein dan menemukan, bahwa stimulan ini mampu meningkatkan memori setidaknya hingga 24 jam setelah dikonsumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com