5 Makanan Sehat Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur - Kompas.com

5 Makanan Sehat Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

Dian Maharani
Kompas.com - 16/10/2016, 13:15 WIB
thinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Jepang terkenal sebagai negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi. Banyak penduduknya yang tetap sehat sampai usia tua. Menurut ahli gizi dari London, Cassandra Barns, rahasia panjang umur penduduk Jepang ternyata terletak pada apa yang mereka makan sehari-hari.

Cassandra pun memaparkan lima makanan Jepang yang menyehatkan dan dapat meningkatkan usia harapan hidup.

1. Ikan
Orang Jepang sangat suka makan ikan. Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya memperlancar aliran darah, ikan juga bermanfaat untuk kesehatan otak, mata, dan mengurangi inflamasi atau peradangan.

Hal ini dapat mencegah radang sendi, penyakit jantung, hingga Alzheimer yang umumnya muncul di usia tua.

Ikan juga kaya selenium yang sangat penting untuk mempertahankan antioksidan dan sistem kekebalan tubuh. Kemudian, ikan mengandung vitamin B yang membantu menjaga zat kimia di otak tetap seimbang

2. Miso dan Umami
Salah satu rahasia sehat orang Jepang adalah karena konsumsi makanan kedelai yang difermentasi, seperti miso dan umami.

Miso dan umami mengandung isoflavon yang dapat membantu mengatasi masalah wanita setelah menopause. Keledai juga mendangung phytoestrogen, suatu senyawa yang memiliki efek seperti estrogen.

Isoflavon dalam kedelai dipercaya dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker endometrium pada wanita setelah menopause.

Lebih dari itu, makanan ini juga dikenal bermanfaat untuk kepadatan mineral di tulang sehingga menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang.

3. Rumput laut
Rumput laut kaya akan mineral, seperti yodium, seng, magnesium, kalsium, kalium, dan puluhan mineral lainnya yang kita butuhkan untuk sistem kekebalan tubuh. Rumput laut juga sebagai antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung.

Rumput laut pun dinilai lebih banyak mengandung mineral dibanding sayuran yang tumbuh di atas tanah.

4. Matcha
Matcha merupakan bubuk teh hijau tradisional yang terbuat dari pucuk daun tamanan teh. Teh hijau, khususnya matcha banyak mengandung jenis flavanol yang disebut catechin. Zat tersebut dapat menjaga antioksidan dalam tubuh.

Selain itu, matcha juga mengandung zat theanine dalam jumlah tinggi. Zat ini memberikan efek relaksasi pada pikiran dan membantu melindungi efek negatif dari stres.

Secara umum, matcha dipercaya dapat mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit Alzheimer, jantung, hingga kanker.

5. Acar
Acar juga menjadi makanan sehari-hari di Jepang. Acar merupakan hasil fermentasi sayuran yang bisa menjadi sumber probiotik alami. Biasanya acar terdiri dari wortel dan menitum.

Probiotik tentunya sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan.

Kesehatan pencernaan memegang peran penting terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sehatnya pencernaan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan infeksi.

PenulisDian Maharani
EditorBestari Kumala Dewi
SumberDailymail,
Komentar
Close Ads X