Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2016, 20:00 WIB

TANYA:

Apakah benar bila seorang pria tidak bisa memproduksi sperma dalam jumlah banyak, sehingga dalam sehari ada jumlah maksimal ia bisa mendapatkan ejakulasi? Adakah cara untuk meningkatkan kesehatan sperma untuk pasangan yang baru menikah supaya cepat mendapat keturunan dok?
Harun (23), Serang

JAWAB:

Kehamilan terjadi bila hubungan seksual dilakukan pada saat subur perempuan, dengan kondisi kesuburan pria yang cukup. Kesuburan pria dapat dilihat dari kualitas dan kuantitas sel soermatozoa di dalam cairan sperma.

Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan gangguan sperma sehingga pria menjadi tidak subur. Untuk mengetahui bagaimana kesuburan pria, mutlak diperlukan pemeriksaan sperma. Tetapi untuk mengetahui apa penyebab gangguan kesuburan pria, diperlukan pemeriksaan fisik dan bila perlu didukung oleh pemeriksaan laboratorium.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com