Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2016, 18:27 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Apakah Anda merasakan wajah Anda lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya? Atau Anda tak menyukai apa yang Anda lihat di cermin? Jika ya, inilah saatnya untuk mengevaluasi beberapa rutinitas harian Anda.

Tahukah Anda bahwa makanan yang Anda makan dan bahkan cara Anda tidur dapat membuat Anda terlihat lebih tua dan tidak sehat? Inilah kebiasaan yang menurut para ahli sebaiknya dihilangkan dari rutinitas harian Anda.

Anda multitasking

"Orang-orang berpikir bahwa multitasking itu baik. Jika Anda bicara mengenai kecepatan bekerja, mungkin saja hal itu benar. Tapi, multitasking bisa membuat Anda stres," kata Raymond Casciari, MD, kepala medis dari St Joseph Hospital di Orange, California.

Beberapa studi menunjukkan bahwa stres kronis dapat memicu pelepasan radikal bebas, yang merusak sel dan bertanggung jawab untuk penuaan dini.

Alih-alih mencoba untuk melakukan banyak hal sekaligus, Dr. Casciari menyarankan berkonsentrasi pada satu tugas pada satu waktu dan hanya berpindah tugas setelah Anda menyelesaikan tugas yang pertama.

Anda jarang melewatkan makanan penutup

Selain bisa menambah berat badan, makanan manis juga dapat membuat wajah Anda terlihat lebih tua.

"Secara internal, molekul gula menempel pada serat protein di setiap sel tubuh kita," kata Susan Stuart, MD, dokter kulit di San Diego, California.

Proses ini dikenal dengan sebutan glikasi, dan dapat mengakibatkan hilangnya cahaya dari wajah Anda, menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, membuat wajah terlihat bengkak, menimbulkan garis-garis halus dan kerutan di kulit, menyebabkan hilangnya kontur wajah dan meningkatkan ukuran pori-pori.

Anda tidur kurang dari lima jam setiap malam

1 mkMelewatkan waktu tidur tidak hanya menyebabkan kantung hitam di bawah mata, tapi juga dikaitkan dengan umur lebih pendek, kata Dr Casciari, yang pendiri klinik tidur di Rumah Sakit St Joseph.

"Tidur dalam rentang tujuh jam adalah waktu yang ideal," katanya.

Anda hobi duduk di depan TV

British Journal of Sports Medicine, menyebutkan bahwa untuk setiap jam menonton televisi, orang dewasa menjadi lebih pendek umur selama rata-rata 22 menit untuk setiap jam yang mereka habiskan di depan TV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com