Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang 22 Desember, Pramuka Gelar Aksi Basuh Kaki Ibu

Kompas.com - 21/12/2016, 16:31 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Peringatan Hari Ibu bertujuan untuk mendukung semangat dan jasa para ibu dalam mengasuh sekaligus mengasihi anak bangsa sedari dalam kandungan hingga berusia dewasa.


Namun, kasih dan cinta ibu tidak pernah berhenti hingga sang anak besar dan berkeluarga. Kasih ibu selalu hadir dan tidak berubah meski maut memisahkan.

Berangkat dari semangat tersebut Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan ibu-ibu Kwarnas (IIK) menyelengggarakan dan memperingati Hari Ibu dengan kegiatan membasuh kaki ibu secara masal.

“Membasuh kaki ibu ini tidak hanya semata-mata simbolik, tetapi punya artian yang dalam,” ujar Ketua Kwarnas, Adhyaksa Dault, dalam sela-sela berlangsungnya acara di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (21/12/2016).

Anggita Muslimah Kegiatan Membasuh Kaki Ibu, dalam Rangka Memperingati Hari Ibu, di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Kegiatan membasuh kaki ibu, kata Adhyaksa, dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Peserta yang hadir pada kegiatan yang berlokasi di Cibubur ini terdiri dari 500 ibu dan 500 anak.

Pertama-tama, peserta membasuh kaki ibu dengan hati yang tulus dan mengeringkannya dengan handuk. Selanjutnya, anak-anak pun mencium dan memeluk Ibunya dan bersama-sama berdoa.

Anggita Muslimah Kegiatan Membasuh Kaki Ibu, dalam Rangka Memperingati Hari Ibu, di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Adhyaksa menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian seorang anak pada orangtua yang telah berkorban dan berjuang untuk memberikan kehidupan terbaik untuk para buah hati.

Sebab, dia pun menilai bahwa saat ini terlihat kerenggangan antara orangtua dengan generasi muda. 

Tak sedikit anak dengan orangtua tidak serasi dan anak juga sudah menyepelekan orangtua.

“Tidak boleh kita  (sebagai anak) untuk melupakan orangtua yang telah mendidik, membesarkan, dan menjadikan kita seperti saat ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia juga berharap agar bangsa ini bisa tercipta dari anak-anak yang berbakti kepada orangtuanya. Selain itu juga, bangsa ini ke depannya bisa dipimpin oleh generasi muda yang mencintai keluarganya.

Tidak lupa, dalam kegiatan membasuh kaki Ibu ini juga dilakukan oleh Adhyaksa bersama Ibundanya, dan Olivia Zalianty bersama Ibundanya di saat yang bersamaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com